Home Peristiwa Bencana Alam Gunung Merapi Kembali Meletus

Gunung Merapi Kembali Meletus

SHARE
Keadaan Gunung Merapi yang meletus pada Jumat (11/5) lalu
Keadaan Gunung Merapi yang meletus pada Jumat (11/5) lalu

Yogyakarta – Hujan abu tipis akibat Gunung Merapi meletus terjadi di sekitar lereng gunung tersebut pada Senin (21/5) pukul 01.25 WIB. Letusan bersifat freatik itu berlangsung selama 19 menit dengan tinggi kolom 700 meter.

Jika dibandingkan dengan letusan serupa pada Jumat (11/5), letusan kali ini tercatat lebih kecil. Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, menjelaskan pada Senin bahwa letusan freatik tersebut terjadi pada pukul 01.25 WIB, berlangsung sekitar 19 menit, dan mempunyai tinggi kolom 700 meter dari puncak Gunugn Merapi.

Sementara itu, akun Twitter resmi @BPPTKG melaporkan bahwa hujan abu terjadi di Cawang Bebeng dan Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

“Hujan abu tipis terjadi di Barat-Barat Daya Merapi. Masyarakat diimbau menggunakan masker dan kacamatan,” kata Hanik, dilansir Kompas.

Saat ini, status Gunung Merapi masih tetap aktif normal. Dengan status Gunung Merapi yang demikian, masyarakat sekitar diminta tetap tenang dan tidak panik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here