Home Peristiwa Bencana Alam Magelang Disambangi Abu Gunung Merapi

Magelang Disambangi Abu Gunung Merapi

SHARE
Petugas memantau aktivitas Gunung Merapi (foto: Vivanews)
Petugas memantau aktivitas Gunung Merapi (foto: Vivanews)

Magelang – Warga Magelang diminta untuk mewaspadai hujan abu yang datang dari Gunung Merapi pada Rabu (23/5). Sekitar pukul 03.31 WIB, letusan bertipe freatik kembali terjadi di Gunung Merapi. Letusan terjadi selama empat menit (teramati dengan menggunakan seismograf) dengan ketinggian kolom abu mencapai 2.000 meter arah barat daya atau Magelang.

Informasi tersebut didapatkan berdasarkan pemantauan pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Jrakah dan PGM Kaliurang dan disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Pengamatan kamera thermal dan CCTV kawah Merapi juga menunjukkan bahwa daerah sekitar kawah tertutup kabut tebal saat letusan terjadi.

“Cuaca saat ini dari [pengamatan] Stasiun Pasar Bubrah Merapi, angin bertiup sedang hingga kencang ke barat daya, Kabupaten Magelang. Status Waspada,” ujar Sutopo, Rabu (23/5), dilansir CNN Indonesia.

Abu Gunung Merapi diperkirakan menyebar di wilayah Magelang, antara lain Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun, Kota Mungkid, Muntilan, Sawangan, Pabelan, Tempuran, Candimulyo, Ketep, Blabak, Kalinegoro, dan Salaman.

Sutopo mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetap tenang, dan selalu waspada saat beraktivitas. Jika harus bepergian ke luar ruangan, warga diminta selalu mengenakan masker dan kacamata sebagai antisipasi hujan abu.

“Untuk para pendaki Gunung Merapi berdasarkan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) untuk sementara seluruh kegiatan pendakian ditutup,” tambah Sutopo.

Informasi lebih lanjut akan selalu diumumkan melalui sumber-sumber terpercaya seperti BPPTKG, BMKG, BNPB, dan BPBD. Warga diminta tidak mempercayai kabar yang tidak jelas sumbernya (hoaks).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here