Home Berita Pilihan Banjir Bandang di LP Pekalongan, Ratusan Napi Harus Dipindahkan

Banjir Bandang di LP Pekalongan, Ratusan Napi Harus Dipindahkan

SHARE
Banjir Rob Pekalongan (foto: Vivanews)
Banjir Rob Pekalongan (foto: Vivanews)

Pekalongan – Ratusan narapidana Lapas Klas IIA Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, harus dipindahkan ke sejumlah lapas di provinsi tersebut karena tempat mereka ditahan terkena banjir rob. Dari total 769 narapidana, 466 di antaranya harus dipindahkan mulai Jumat (25/5) siang.

“Alasan utamanya karena rob menggenangi seluruh kamar hunian narapidana, termasuk tempat tidurnya,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, melalui pesan singkat, Jumat, dilansir Kompas.

Menurut laporan Sri Puguh, sebanyak 331 napi harus dipindahkan ke Lapas Nusakambangan. Sebanyak 135 lainnya dipindahkan ke lapas lainnya di Jawa Tengah. Rinciannya, 61 napi dipindahkan ke Rutan Batang, 4 napi ke Rutan Salatiga, 25 napi ke Lapas Siawi, 10 napi ke Lapas Ambarawa, 15 napi ke Lapas Kendal, dan 20 napi ke Rutan Pemalang.

Banjir rob yang melanda Lapas Pekalongan membuat para napi tidak bisa beristirahat. Supai air bersih dan MCK pun terganggu. Kondisi yang sekarang terjadi di Lapas Pekalongan itu dianggap tidak memadai untuk membina narapidana.

Selama banjir rob melanda, narapidana tidur dengan menggunakan gantungan dari kain atau sarung. Saat puncak banjir rob, Rabu (23/5), warga binaan harus tidur di atap blok hunian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here