Home Berita Pilihan TNI AL Tangkap 2 Warga Penyelundup 1,2 Ton Daging Kerbau

TNI AL Tangkap 2 Warga Penyelundup 1,2 Ton Daging Kerbau

SHARE
Ilustrasi daging beku kemasan
Ilustrasi daging beku kemasan

Nunukan – Dua warga Tanjung Selor, Kalimantan Utara, tertangkap basah berusaha menyelundupkan daging kerbau ilegal dari Malaysia ke Kota Tarakan. Keduanya ditangkap Tim Reaksi Cepat TNI Angkatan Laut Nunukan.

Kedua pelaku menyelundupkan daging kerbau beku bermerek Allana sebanyak 1,2 ton. Mereka berusaha menyelundupkan dengan menggunakan speedboat bernama lambung Alysia.

“Speedboat yang membawa daging ilegal kami amankan di perairan Tanjung Ahus pada Selasa (5/6) sekitar pukul 00.30 WITA,” kata Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan, Letkol Laut (P), Machri Mokoagow, Selasa (5/6), dilansir Kompas.

Keduanya bermaksud mengelabuhi petugas dengan beroperasi pada dini hari. Mereka menyelundupkan daging kerbau tersebut melalui dermaga tradisional di Sel Nyamuk, Pulau Sebatik. Daging dikirimkan dengan menggunakan speedboat ke Kota Tarakan.

Agar operasi penyelundupan berjalan lancar, pemilik barang melakukan order speedboat untuk mengambil kiriman barang melalui telepon. Kemudian, pemilik barang akan menghubungi lagi pemilik speedboat setelah barang sampai di Tarakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari petugas.

Menurut Penanggung Jawab Karantina Pertanian Wilayah Kerja Nunukan, Sapto Hudaya, daging kerbau merek Allana dari Malaysia itu tidak memiliki dokumen resmi sehingga dipastikan adalah barang selundupan ilegal.

Seharusnya, daging beku tersebut masuk melalui pelabuhan Tanjung Priok. Kemasan di daging beku juga sudah tercantum label berbahasa Indonesia sesuai ketentuan.

Adapun ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi, kata Sapto, beberapa di antaranya adalah tanpa tulang, tanpa limpo glandula, dan PH di bawah 6. Daging selundupan yang disita petugas tidak menyertakan hal-hal tersebut. Dua motoris dan ABK speedboat harus menjalani pemeriksaan di Pangkalan TNI AL Nunukan untuk mengungkap siapa pemilik daging ilegal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here