Home Berita Pilihan Pajak.go.id Diretas Anonymous Arabe, Ditjen Pastikan Data Wajib Pajak Tidak Dicuri

Pajak.go.id Diretas Anonymous Arabe, Ditjen Pastikan Data Wajib Pajak Tidak Dicuri

SHARE
Ditjen Pajak
Ditjen Pajak

Jakarta – Situs resmi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, pajak.go.id, diretas oleh pihak yang mengaku sebagai Anonymous Arabe pada Minggu (10/6) malam. Situs tersebut memunculkan gambar latar belakang gurun dan bendera.

Tulisan “Hack By Anonymous Arabe” tercantum di laman yang diretas itu. Selain itu, terdapat tulisan dengan huruf arab gundul berwarna merah di bagian bawah. Tulisan arab gundul tersebut berukuran kecil-kecil.

Meskipun telah diretas, Ditjen Pajak memastikan bahwa tidak ada data wajib pajak yang hilang atau dicuri. Menurut Direktur P2 Humas DJP, Hestu Yoga, peretas hanya mengganti tampilan muka dari situs tersebut (deface) dengan tampilan lainnya. Belum diketahui apa motif dari peretasan tersebut.

“Modusnya hanya deface saja. Data wajib pajak dipastikan aman karena tidak ada dalam website tersebut dan memang tidak dapat diakses melalui website tersebut,” kata dia, kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Minggu (10/6).

Tidak ada fitur-fitur lain atau aplikasi DJP yang terganggu. Maka dari itu, masyarakat tidak perlu khawatir data mereka hilang setelah situs Pajak diretas oleh Anonymous Arabe.

Meskipun demikian. Ditjen Pajak tetap akan meningkatkan keamanan sistem informasi situs agar kejadian serupa tidak kembali terjadi. Situs pun dimatikan hingga keesokan harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here