Home Berita Pilihan KM Ramos Risma Marisi Kecelakaan di Danau Toba, Satu Orang Hilang

KM Ramos Risma Marisi Kecelakaan di Danau Toba, Satu Orang Hilang

SHARE
Kecelakaan Kembali Terjadi di Danau Toba
Kecelakaan Kembali Terjadi di Danau Toba

Polres Bogor Amankan Anggota DPRD Terduga Kasus Penipuan

Bogor – Polres Bogor mengamankan KS, anggota DPRD Kota Bogor, pada Senin (18/6) karena diduga melakukan tindak pidana penipuan. KS ditangkap di kediamannya yang berada di kawasan Perumahan River Side, Kecamatan Bogor Timur.

Surat resmi pemberitahuan penahanan dengan nomor B/1758/VI/RES.3.5/2018/Reskrim telah dilayangkan kepada Ketua DPRD Kota Bogor. Menurut informasi Plh Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Agah Sonjaya, KS diduga menipu dengan menjanjikan sejumlah proyek kepada pihak ketiga dengan memanfaatkan jabatannya sebagai pejabat daerah.

“Kami menindaklanjuti laporan yang ada. Sampai saat ini, sejak tersangka ditahan, belum ada laporan tambahan menyangkut yang bersangkutan,” kata Agah, Sabtu (23/6), dilansir Kompas.

Saat ini, KS yang merupakan anggota DPRD Kota Bogor periode 2014-2019 itu telah ditahan di Rumah Tahanan Polresta Kota Bogor. Rencananya, KS akan ditahan selama 20 hari ke depan.

Sejak tahun 2017, KS telah masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kasus penipuan tersebut. Diketahui, KS meminta uang sebesar Rp180 juta kepada seorang kontraktor. Dia menjanjikan sejumlah proyek kepada kontraktor tersebut.

Namun, proyek yang dijanjikan tidak kunjung dipenuhi. Akhirnya, sang kontraktor melaporkan KS ke pihak kepolisian.

Agah menambahkan, masa penahanan KS selama 20 hari bisa diperpanjang. Kasus sedang masuk ke tahap penyidikan dan pihak terkait sedang menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan.

KM Ramos Risma Marisi Kecelakaan di Danau Toba, Satu Orang Hilang

Medan – KM Ramos Risma Marisi mengalami kecelakaan pada Jumat (22/6) malam sekitar pukul 22.00 WIB saat sedang berlayar di perairan Danau Toba, Sumatra Utara. KM Ramos Risma Marisi membawa lima orang penumpang.

Petugas berhasil menyelamatkan empat orang penumpang. Akan tetapi, satu penumpang belum ditemukan meskipun sudah dilakukan pencarian. Berdasarkan laporan yang didapat, korban yang hilang sempat terlihat terombang-ambing di Danau Toba.

Berikut ini daftar identitas korban selamat dari kecelakaan KM Ramos Risma Marisi sebagaimana dilaporkan oleh Kasub Bidang Penerangan Polda Sumut, AKBP M. P. Nainggolan, Sabtu (23/6):

  1. Jospendi Lumbanraja alias Ama Monang (40), warga Pulau Sibandang, Dusun Sampuran, Muara, Tapanuli Utara, selaku nahkoda kapal,
  2. Jolom Sipayung (18), warga Simpang Kawat, Kabupaten Asahan,
  3. Sahat Parli Dungan Simorangkir (16), warga Simpang Kawat, Kabupaten Asahan,
  4. Joifan Sitomorang (17), warga Pasaran I, Dusun Pasaran I, Kecamatan Nainggolang, Kabupaten Samosir.

Satu orang korban hilang dengan identitas sbb.:

  1. Rahmad Dani (28), warga Dusun Sampuran, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara

“Malam saat kejadian, KM Ramos Risma Marisi mengantar penumpang dari Pulau Sibandang ke Dermaga Pelabuhan Nainggolan. Setelah mereka menurunkan penumpang di Pelabuhan Nainggolan, kapal dibawa kembali ke Pulau Sibandang,” ujar Nainggolan, dilansir Berita Satu.

Saat kapal hendak kembali ke dermaga, lampu kapal terputus dan suasana menjadi gelap. Tiba-tiba, kapal menabrak bambu yang ada di tengah danau. Kemudian, nahkoda kapal Ama Monang menyuruh Joifan dan Rahmad untuk masuk ke dalam air melihat kipas kapal.

Kapal terdampar hingga ke pinggir danau. Kedua awak kapal tersebut kemudian mendorong kapal. Namun, arus kencang yang tiba-tiba datang membuat kapal tersebut terbawa ke tengah danau. Joifan dan Rahmad berusaha menyelamatkan diri dari tengah danau.

Nainggolan menambahkan, Joifan berhasil menyelamatkan diri dengan cara berenang sampai ke pinggiran danau. Namun, Rahmad dilaporkan kelelahan sehingga terbawa arus. Saat kejadian, suasana di perairan Danau Toba sedang terjadi angin kencang dan hujan deras.

Masyarakat kemudian melarikan Joifan ke puskesmas terdekat. Mereka juga melaporkan insiden tersebut ke petugas. Pencarian KM Ramos Risma Marisi pun dilakukan hingga akhirnya kapal berhasil ditarik ke pinggiran Danau Toba.

“Seorang ABK bernama Rahmad Dani hingga kini belum ditemukan,” kata Kabag Pensat Div. Humas Polri, Kombes Yusri Yunus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here