Home Peristiwa Bencana Alam Banjir Sebabkan Ratusan Warga Kendari Mengungsi

Banjir Sebabkan Ratusan Warga Kendari Mengungsi

SHARE
Banjir Landa Kendari (foto: Kompas)
Banjir Landa Kendari (foto: Kompas)

Kendari – Ratusan Kelurahan Lepolepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Senin (25/6) harus mengungsi karena rumah mereka terendam banjir. Sebanyak 100 kepala keluarga harus berdiam sementara di tenda-tenda darurat sampai banjir surut.

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Kota Kendari, Suhadin, banjir disebabkan karena wilayah bantaran Sungau Wanggu meluap. Daerah tersebut memang sudah lama menjadi langganan banjir jika terjadi hujan deras. Rumah 411 warga kelurahan tersebut terendam banjir setinggi dua meter sebagai akibat meluapnya kali tersebut.

“Sebenarnya, untuk Kota Kendari, ada tiga titik yang banjir, yakni Kelurahan Lepolepo, Andonuhu, dan Kambu. Tetapi, yang paling parah di Lepolepo. Jadi, warga harus kita evakuasi,” kata Suhardin, dilansir Kompas.

Dinas Sosial Kota Kendari mencatat ada sekitar 200 rumah yang terendam banjir. Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Muhammad Hamsir Madjid, daerah Sungai Wanggu merupakan daerah terdampak banjir yang terparah. Ada 54 rumah warga di Sungai Wanggu yang masih terendam banjir.

Hamsir Madjid menambahkan bahwa ada kurang lebih 200 KK terdampak banjir di daerah Sungai Wanggu. Pihaknya pun masih menunggu laporan dari luar kota terkait banjir.

Bantuan berupa bahan makanan dan obat-obatan telah disalurkan oleh Dinas Sosial setempat untuk masyarakat yang rumahnya terendam banjir. Mereka juga sudah mendirikan tenda-tenda di pinggir jalan yang tidak terendam banjir.

“Rencana kita akan bertahan di sini sampai sebulan ke depan. Sampai kita pastikan cuaca sudah membaik,” kata Hamsir di lokasi banjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here