Home Berita Pilihan Aplikasi Tik Tok Diblokir, Ini Alasan Kemenkominfo

Aplikasi Tik Tok Diblokir, Ini Alasan Kemenkominfo

SHARE
Tik Tok
Tik Tok

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir aplikasi berbagi video yang sedang naik daun, Tik Tok. Menteri Kemenkominfo, Rudiantara, menjabarkan beberapa alasan pemblokiran aplikasi ini. Menurutnya, aplikasi Tik Tok diblokir demi kebaikan bersama.

Rudiantara menambahkan, Tik Tok kerap memuat banyak konten negatif yang tidak pantas ditayangkan. Sebelum diblokir, Kemenkominfo telah menerima banyak laporan dari masyarakat terutama dalam beberapa hari terakhir.

Kemenkominfo telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak soal konten Tik Tok sebelum memblokir platform digital tersebut. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga telah dimintai masukan terkait wacana pemblokiran Tik Tok.

Kemenkominfo telah melayangkan surat elektronik kepada Tik Tok untuk membersihkan konten-konten negatif. Selain itu, pembuat aplikasi juga diharapkan memberi jaminan kepada Kemenkominfo untuk menjaga kebersihan konten.

Rudiantara berjanji, jika kedua syarat tersebut dipenuhi, pihaknya akan mencabut pemblokiran Tik Tok. Namun, hingga saat ini, Kemenkominfo belum menerima respons dari pihak Tik Tok. Maka dari itu, Kemenkominfo pun belum mencabut keputusan pemblokiran.

“Masa kita mau membiarkan, terutama anak-anak kita, terpapar kontennya. Tahu kan, kontennya?” kata Rudiantara, dilansir Tempo.

Sebelumnya, Kemenkominfo juga memblokir beberapa platform digital seperti Tumblr, Vine, dan Bigo karena alasan yang sama. Tumblr dan Vine hingga saat ini tidak merespons surat elektronik dari Kemenkominfo. Sementara itu, Bigo bersedia menjamin pembersih konten negatif sehingga Kemenkominfo pun membuka blokir situs tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here