Home Berita Pilihan Oknum Tak Disiplin Salah Satu Faktor Fenomena Kapal Tenggelam

Oknum Tak Disiplin Salah Satu Faktor Fenomena Kapal Tenggelam

SHARE
KMP Lestari Maju Mengalami Kecelakaan di Perairan Selayar (foto: Antara)
KMP Lestari Maju Mengalami Kecelakaan di Perairan Selayar (foto: Antara)

Makassar – Presiden Joko Widodo menjelaskan beberapa faktor maraknya peristiwa kapal tenggelam yang terjadi belakangan ini. Selain cuaca, ketidakdisiplinan pihak yang seharusnya bertanggung jawab menjaga keselamatan di laut juga menjadi faktor insiden kapal tenggelam.

Pernyataan tersebut Jokowi lontarkan kepada pimpinan media massa lokal di Bandara Lanud Hasanuddin, Makkasar, Selasa (3/7), sore sebagai respons atas kejadian tenggelamnya KMP Lestari Maju di perairan Selayar, sekitar pukul 14.30 WITA.

“Masalah pelayanan masih sering terjadi seperti manifes data penumpang, ketersediaan sekoci, dan faktor pendukung lain yang masih kurang dipatuhi. Padahal, itu bisa berisiko terhadap keselamatan pelayaran kapal penumpang,” kata Jokowi, dilansir Tempo.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Jokowi meminta pihak-pihak yang berkepentingan dengan dunia pelayaran rakyat disiplin dan taat mematuhi segala ketentuan peraturan serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Sebelumnya, kepala dinas perhubungan di daerah Danau Toba ditetapkan sebagai tersangka setelah musibah tenggelamnya kapal rakyat di danau terbesar di Indonesia itu. Insiden kapal tenggelam di Danau Toba itu disebabkan oleh pengawasan yang lemah.

Lebih lanjut, Jokowi mengaku sangat prihatin dengan musibah kecelakaan laut yang terjadi akhir-akhir ini. Menteri Perhubungan diminta untuk berkoordinasi dengan dinas-dinas perhubungan di daerah supaya keselamatan penumpang lebih diperhatikan.

Menurut data terakhir yang dicatat pada Selasa pukul 23.00 WITA, korban kecelakaan KMP Lestari Maju adalah 24 orang meninggal dunia, 74 orang selamat, dan 41 orang hilang. Kapal bermanifes 139 orang penumpang dan 48 unit kendaraan itu mengalami kerusakan mesin saat akan berlabuh di Pelabuhan Pamatata. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, pada sekitar pukul 12.15 WITA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here