Home Berita Pilihan SDN 2 Sonorejo Blora, Sekolah Megah dengan Satu Orang Peminat

SDN 2 Sonorejo Blora, Sekolah Megah dengan Satu Orang Peminat

SHARE
SDN 2 Sonorejo Blora (foto: detikcom)
SDN 2 Sonorejo Blora (foto: detikcom)

Blora – SDN 2 Sonorejo Blora merupakan sebuah sekolah dengan fasilitas memadai. Bangunan sekolah ini berdiri di atas tanah seluas sekitar 700 meter persegi. Setiap ruang kelas mampu menampung lebih dari 30 siswa. Meskipun tampak layak, luas, dan megah, baru ada satu orang siswa yang mendaftar di sekolah tersebut.

Guru Kelas 1 SDN 2 Sonorejo Blora, Gunartini, mengaku sudah merasakan sedikitnya siswa yang berminat bersekolah di tempat itu sejak tahun ajaran 2009/2010. Saat itu, hanya ada empat siswa yang mendaftar.

Bahkan, pada tahun ajaran 2013/2014, tidak ada satu pun siswa yang mendaftar di sekolah tersebut. Setahun kemudian, hanya ada satu siswa yang mendaftar. Namun, siswa tersebut mencabut berkasnya sehingga SDN 2 Sonorejo Blora tidak mendapatkan murib baru pada dua tahun ajaran tersebut.

“Saya mengajar mulai tahun 2004. Padahal, tahun 2008 itu sempat saya mengajar kelas 1 satu kelas isinya 35 siswa. Ya mulai terasa itu tahun 2009 itu, yang mendaftar sedikit sekali,” jelasnya, dilansir Detikcom.

Menurut para guru, minimnya minat siswa untuk bersekolah di SDN 2 Sonorejo adalah karena adanya alternatif sekolah lain yang lebih dekat lokasinya dengan permukiman masyarakat. Diketahui, sejak tahun 2009, ada sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang mulai beroperasi.

“Lokasinya ada di belakang sekolah ini agak lumayan (jauh) kalau jalan kaki. Nah, padahal, sebelumnya, murid kami dari lingkungan sana semua. Setelah ada MI itu, otomatis para orang tua juga milihnya yang paling dekat, ya,” katanya.

MI tersebut juga terletak satu atap dengan TK. Lulusan TK tersebut dapat langsung mendaftar di MI.

“Tahun ini kan ada aturan zonasi ini, ya semoga saja itu bisa berpengaruh. Kalau SD N 1 sonorejo kan agak jauh, semoga saja bisa lebih memilih sekolah negeri di sini. Meskipun saat ini baru ada 1 murid pendaftar,” harapnya.

SDN 2 Sonorejo adalah hasil merger dengan SDN 3 Sonorejo. Merger dilakukan pada tahun 2007. Murid-murid dari SDN 3 Sonorejo dipindah ke SDN 2 Sonorejo karena SD tersebut kekurangan siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here