Home Berita Pilihan Kemenkominfo Akhirnya Buka Blokir Aplikasi Tik Tok

Kemenkominfo Akhirnya Buka Blokir Aplikasi Tik Tok

SHARE
Tik Tok
Tik Tok

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka blokir aplikasi berbagi video pendek Tik Tok pada Selasa (10/7). Akses ke aplikasi tersebut sempat diblokir sejak Selasa (3/7) hingga dicabut kemarin.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani, di kantornya, Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa Tik Tok seharusnya sudah bisa diakses.

“Operator harus memperbarui apa yang mereka punya seperti DNS,” kata Semuel, dilansir Antara.

Kominfo cepat membuka blokir aplikasi Tik Tok karena pihak Tik Tok sangat responsif. Perusahaan tersebut langsung tanggap membersihkan konten-konten negatif dalam platform tersebut.

Ke depan, Tik Tok akan mengembangkan sistem keamanan dan kecerdasan buatan untuk membantu menyaring konten negatif. Perusahaan tersebut akan mendirikan perusahaan perwakilan di Indonesia.

Lebih lanjut, Tik Tok akan mempekerjakan 200 orang untuk membantu operasional. Aplikasi tersebut telah memiliki pengguna sebesar 10 juta di Indonesia.

Peraturan dan syarat untuk pengguna aplikasi Tik Tok telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu, para pengguna dari Indonesia mudah memahami konten dari peraturan dan syarat untuk pengguna aplikasi tersebut.

Tik Tok masih mempunyai pekerjaan rumah yaitu membuat tombol yang khusus didedikasikan untuk melaporkan konten. Sementara ini, tombol untuk melaporkan ada di dalam tombol untuk membagikan konten (Share).

“Maunya khusus dipisah atau tombolnya jangan “share”. Itu akan diubah. Nanti mau menerapkan secara global,” kata Semuel.

Menurut Semuel, Tik Tok adalah aplikasi yang menarik dan dapat mendorong anak muda menjadi kreatif. Meskipun demikian, Semuel tetap mengingatkan kepada pengguna agar tidak menyalahgunakannya untuk mengunggah konten negatif misalnya pornografi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here