Home Berita Pilihan Jembatan Kaca di Tana Toraja Retak Sebelum Diresmikan

Jembatan Kaca di Tana Toraja Retak Sebelum Diresmikan

SHARE
Patung Yesus Buntu Burake Toraja (foto: Nita Sellya, Flickr)
Patung Yesus Buntu Burake Toraja (foto: Nita Sellya, Flickr)

Tana Toraja – Jembatan kaca di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, retak. Jembatan yang rencananya akan difungsikan untuk menunjang wisata di Patung Yesus di puncak ketinggian gunung ini padahal belum diresmikan.

Kepala Biro Protokol dan Humas Pemerintah Sulsel, Devo Khadafi, pada Jumat (13/7), membenarkan kabar tentang retaknya jembatan kaca di Tana Toraja tersebut. Dia mengaku belum mengetahui penyebab keretakan salah satu kaca yang menjadi alas jembatan.

“Jembatan kaca dibangun oleh Pemkab Tana Toraja, belum selesai, dan masih (dalam) tanggung jawab pihak ketiga yakni perusahaan yang melakukan pekerjaan. Dengan adanya keretakan salah satu kaca, pihak ketiga langsung melakukan penggantian dan perbaikan,” kata Devo, dilansir Kompas.

Pihaknya baru akan benar-benar meresmikan jembatan kaca tersebut jika sudah benar-benar bagus dan keamanannya terjaga. Pihak berwenang akan menginvestigasi apakah keretakan di satu lembar kaca itu di bagian sambungan atau keseluruhan.

Devo mengaku bahwa persoalan keamanan sudah menjadi sorotan utama pihaknya dalam membangun atraksi wisata ini. Dia mengaku heran salah satu kaca jembatan bisa retak lantaran bahan kaca tebal yang digunakan sama dengan bahan kaca di jembatan kaca di Tiongkok.

Lokasi jembatan tersebut berada di ketinggian di dekat wisata patung Yesus di Buntu Burake, Tana Toraja. Hanya pejalan kaki yang diperbolehkan melewati jembatan tersebut.

“Itu pun pengunjung yang ingin naik ke jembatan kaca dibatasi, dalam antrian pengunjung akan antrian berkelompok,” kata Devo.

Jembatan kaca di Tana Toraja tersebut dibangun dengan dana sebesar Rp3,4 miliar. Dana diambil dari APBD Tana Toraja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here