Home Dunia Asia Pasifik Gua Tempat Remaja Thailand Terperangkap Akan Dijadikan Museum

Gua Tempat Remaja Thailand Terperangkap Akan Dijadikan Museum

SHARE
Kompleks Gua Tham Khao Luang (foto: tanyourmind.com)
Kompleks Gua Tham Khao Luang (foto: tanyourmind.com)

Chiang Rai – Kompleks gua tempat 12 anak remaja sempat terperangkap akan dijadikan museum. Kompleks gua tersebut bernama Tham Luang dan terletak di Provinsi Chiang Rai, Thailand. Keputusan menjadikan kompleks gua tersebut menjadi tempat wisata dilandasi keinginan untuk mengenang misi penyelamatan anak-anak yang sempat terjebak selama dua pekan.

Kepala Operasi Penyelamatan, Narongsak Osottanakorn, Kamis (12/7), mengatakan bahwa basis data interaktif sebagai penunjang pariwisata akan disiapkan. Lokasi kompleks gua ini berbatasan langsung dengan Myanmar.

“Ini akan menjadi daya tarik wisata utama Thailand,” kata Narongsak, dilansir CNN Indonesia.

Setelah terjadinya tragedi ini, pemerintah akan memprioritaskan perbaikan fasilitas dan keamanan gua. Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, ingin agar pengamanan ekstra diterapkandi dalam dan luar gua. Keamanan harus tetap menjadi prioritas utama untuk melindung para turis yang berkunjung.

Sebelumnya, masyarakat yang tinggal di sekitar gua sudah lama mendesak pemerintah lokal untuk memperbaiki sistem keamanan di gua. Mereka mengatakan bahwa gua sedalam 600 meter di bawah permukaan tanah itu rawan banjir. Pemerintah harus memperjelas aturan berkunjung dan tanda peringatan agar kejadian serupa tidak terulang.

Wakil Direktur Jenderal Departemen Taman Nasional, Satwa Liar, dan Konservasi Tanaman Thailand, Chongklai Worapongsathorn, menginformasikan bahwa Gua Tham Luang akan ditutup untuk sementara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here