Home Berita Pilihan Menteri Susi Akhirnya Dapat Ijazah Setara SMA

Menteri Susi Akhirnya Dapat Ijazah Setara SMA

SHARE
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, meninjau pesisir Desa Hakatutobu, Kecamatan Pomala, Kabupaten Kolaka (foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, meninjau pesisir Desa Hakatutobu, Kecamatan Pomala, Kabupaten Kolaka (foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, akhirnya dinyatakan lulus dan menerima ijazah pendidikan pada Jumat (13/7). Ijazah setara SMA itu didapatnya setelah mengikuti ujian Kelompok Belajar Paket C di satu sekolah negeri di daerah domisilinya di Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Ijazah paket C tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Yayasan Bina Pandu Mandiri Kabupaten Ciamis, Didi Ruswendi, kepada Susi di rumah dinas Jakarta, Sabtu (14/7). Susi menjadi peserta ujian dengan nilai terbaik dari 569 peserta ujian Kejar Paket C se-Ciamis.

“Dilihat hasil ujiannya, nilai PKN itu paling tinggi 82. Malah untuk ekonomi itu nilainya 42,5. Padahal, beliau itu ahli ekonomi,” kata Ketua Yayasan Bina Pandu Mandiri, Didi Ruswendi, dilansir Detikcom.

Sementara itu, nilai bahasa Inggris Susi 76.

Pada tahun 2015, Susi mendaftar Kelompok Belajar Pekt C di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Bina Pandu Mandiri. Kemudian, pada 11-13 Mei 2018 lalu, Susi mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMA N 1 Pangandaran.

Kabar gembira ini disampaikan oleh Fika Fawzia, asisten pribadi Menteri Susi melalui akun Instagramnya pada Jumat malam. Susi dinyatakan lulus pada Sabtu (7/7). Dalam kesempatan tersebut, Fika bercerita bahwa Anies Baswedan yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan-lah yang pertama kali mengajak Susi untuk mengikuti ujian Kejar Paket C.

Awalnya, Susi hanya menanggapi dengan candaan pertanyaan dari Anies. Namun, ternyata, Anies serius membujuk Susi hingga akhirnya dia mau ikut Kejar Paket C.

“Saya yang berjalan di belakang mereka berdua awalnya hanya sayup-sayup mendengar percakapan tersebut. Namun, akhirnya, Pak Anies menoleh ke saya. ‘Kamu saksi, ya. Ibu udah bilang mau. Jadi, tahun depan kita atur,” kata Fika, dilansri Antara.

Meskipun demikian, Susi baru bisa mengikuti ujian pada Mei karena kesibukan menjalankan tugas sebagai menteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here