Home Berita Pilihan Bimanesh Sutarjo Divonis 3 Tahun Penjara

Bimanesh Sutarjo Divonis 3 Tahun Penjara

SHARE
Bimanesh Sutarjo
Bimanesh Sutarjo

Jakarta – Bimanesh Sutarjo, Dokter RS Medika Permata Hijau, Jakarta, divonis tiga tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Vonis tersebut dijatuhkan pada Senin (16/7).

Selain divonis penjara, Bimanesh juga harus membayar denda sebesar Rp150 juta subsider satu bulan kurungan. Adapun yang membacakan amar putusan pada persidangan tersebut adalah ketua majelis hakim, Mahfuddin.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Bimanesh Sutarjo terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana bersama-sama merintangi perkara penyidikan korupsi,” kata Mahfuddin, dilansir Kompas.

Tuntutan Jaksa KPK sebelumnya adalah penjara enam tahun dan denda Rp300 juta subsider tiga bulan kurungan. Putusan majelis hakim lebih ringan dari tuntutan tersebut.

Hal yang memberatkan Bimanesh adalah perbuatannya tidak mendukung program pemberantasan korupsi. Dia juga telah merusak citra profesi dokter.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang juga dianggap meringankan Bimanesh. Dia dinilai berlaku sopan dalam persidangan, belum pernah dihukum, masih memiliki tanggungan keluarga, dan dianggap banyak berjasa dalam dunia kedokteran.

Bimanesh terbukti melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here