Home Berita Pilihan Nelayan Hilang di Gunungkidul, Petugas Kesulitan Evakuasi

Nelayan Hilang di Gunungkidul, Petugas Kesulitan Evakuasi

SHARE
Nelayan Hilang di Gunungkidul (foto: Detikcom)
Nelayan Hilang di Gunungkidul (foto: Detikcom)

Yogyakarta – Sutardi (30) seorang nelayan, dilaporkan hilang pada Sabtu (14/7) malam di Pantai Nampu, Desa Giriwungu, Kecamatan Panggang. Sutardi adalah warga Padukuhan Salak, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi D. I. Yogyakarta.

Tingginya gelombang laut dan medan yang cukup sulit membuat pencarian Sutardi sulit dilakukan. Hingga Senin (16/7), Sutardi belum juga ditemukan.

Pada hari kedua penyisiran. Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono, mengatakan bahwa timnya menyisir arah barat Pantai Nampu sekitar 15 mil. Koordinasi dilakukan sampai dengan SAR Wilayah Kulonprogo. Namun, hingga pukul 17.30 WIB, tim belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban kecelakaan laut tersebut.

Saat dihubungi wartawan pada Senin malam, Marjono menyatakan bahwa untuk saat itu pencarian laut sementara dihentikan. Meski demikian, mereka tetap melakukan koordinasi dengan SAR Kulon Progo dan Parangtritis.

Penyisiran mulai pukul 05.00 WIB dilakukan melalui darat atau tebing di area TKP ke arah barat dan timur dalam radius dua kilometer. Pada pukul 05.30 WIB, petugas menurunkan satu kapal penyelamat dari Pantai Baron. Kapal tersebut menyisir di area TKP ke arah barat dan timur.

“Pada pukul 06.30, dari Pantai Ngrenehan menurunkan satu kapal jungkung dengan tiga personil SAR ikut membantu penyisiran bergabung dalam pencarian,” kata Marjono, dilansir Kompas.

Gelombang laut hingga empat meter disebut Marjono menyulitkan pencarian. Medan pencarian di TKP juga sulit dan curam sehingga semakin membuat para tim pencari kesulitan menemukan korban.

Sebelumnya, Sutardi dikabarkan hilang karena terperosok dan jatuh dari tebing setinggi 30 meter ke laut ketika hendak menjaring ikan di Pantai Nampu, Giriwungi, Sabtu malam. Sutardi bersama dengan Sakir (46) warga Beduk, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, berusaha untuk menarik jaring dari atas tebing Pantai Nampu sekitar pukul 23.00 WIB. Namun, papan kayu yang dipakai korban sebagai tumpuan mendadak runtuh sehingga korban terjatuh ke laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here