Home Peristiwa Bencana Alam Pejabat Pemerintah Digugat Korban Kebakaran Hutan Yunani

Pejabat Pemerintah Digugat Korban Kebakaran Hutan Yunani

SHARE
Kebakaran Hutan di Yunani Tewaskan 80 Orang
Kebakaran Hutan di Yunani Tewaskan 80 Orang

Athena – Pejabat pemerintah Yunani dianggap lalai dan mengakibatkan kebakaran hutan di negara tersebut. Puluhan orang tewas termasuk guru berusia 70 tahun dan  73 tahun.

Tak terima dengan kematian kedua korban, keluarga dari dua korban  tewas tersebut mengajukan gugatan pada Rabu (1/8). Gugatan tersebut berisi tudingan terhadap pihak berwenang yang lalai hingga menyebabkan kematian.

Pejabat pemerintah juga diduga melakukan kejahatan yang mengancam keselamatan masyarakat. Adapun pejabat pemerintah yang digugat adalah sekretaris jenderal perlindungan sipil, gubernur, wali kota, polisi, dan pemadam kebakaran.

Pengacara keluarga korban, Antonis Foussas, kepada Reuters mengatakan bahwa para pejabat yang bertanggung jawab untuk melindungi penduduk, mengatasi kebakaran, dan mengambil tindakan pencegahan harus dihukum.

Kedua korban tewas meninggal karena terjebak di sekitar api saat akan menyelamatkan diri dari rumah mereka. Kediaman mereka yang berada di Neos Voutzas termasuk salah satu area yang paling terdampak kebakaran hutan hebat di Mati.

Dijelaskan dalam gugatan, korban yang merupakan seorang pria berusia 70 tahun tidak dapat membuka pintu garasi karena listrik padam. Sementara itu, rekan wanitanya, menyelamatkan diri dengan berjalan kaki.

Namun, mereka berdua tidak mampu kabur dari terjangan api yang merembet cepat. Jasad keduanya ditemukan sekitar 400 meter dari kediaman mereka.

“Kami sekarang sedih dan berduka atas kehilangan orang yang kami cintai,” kata salah seorang keluarga korban, dilansir Kompas.

Kabar terakhir, petugas sudah berhasil mengidentifikasi 81 jenazah korban meninggal akibat kebakaran hutan. Penyidik menduga kejadian luar biasa ini diakibatkan karena kelalaian manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here