Home Berita Pilihan Pulau Komodo Terbakar, 10 Hektar Padang Rumput Hangus

[VIDEO] Pulau Komodo Terbakar, 10 Hektar Padang Rumput Hangus

SHARE
Hutan di Pulau Komodo Terbakar (foto: Kompas)
Hutan di Pulau Komodo Terbakar (foto: Kompas)

Labuan Bajo – Hutan di Gililawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, terbakar, pada Rabu (1/8). Kebakaran tersebut tidak mengganggu satwa komodo karena TKP bukan merupakan habitat binatang langka itu.

Menurut keterangan Kepala Taman Nasional Komodo, Budi Kurniawan, penyebab kebakaran diduga berasal dari api rokok yang dibuang oleh oknum pengunjung di puncak Gililawa Darat.

Laporan masyarakat mengenai kebakaran diterima pada Rabu sekitar pukul 20.00 WITA. Para petugas dari Resort Padar, Loh Sebita, dan dari Labuan Bajo langsung mendatangi lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Petugas berhasil memadamkan api pada Kamis (2/8) pukul 03.10 WITA.

Total ada lahan seluas 10 hektar padang rumput terbakar. Penanganan pemadaman kebakaran kurang sigap karena lokasi ranger jauh dari TKP.

β€œSelain itu, kawasan Taman Nasional Komodo juga tidak memiliki pos polisi,” kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, dilansir Kompas.

Sebelumnya, kawasan Taman Nasional Komodo juga pernah terbakar pada Juni 2018. Untuk mencegah terjadinya hal serupa di masa depan, pengunjung diharapkan tidak membuang api rokok sembarangan di kawasan wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here