Home Berita Pilihan Dukung Asian Games 2018, PLN Siapkan 51 Gardu Bergerak

Dukung Asian Games 2018, PLN Siapkan 51 Gardu Bergerak

SHARE
Ilustrasi Power Bank PLN (foto: Detik)

Jakarta – Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut mendukung pelaksanaan gelaran Asian Games 2018 dengan cara menyiapkan sumber listrik tambahan. Sebanyak 51 unit gardu bergerak (power bank) disiagakan oleh PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) untuk mendukung penyelenggaraan perhelatan olah raga tersebut.

General Manager PLN Disjaya, Muhammad Ikhsan Asaad, Jumat (3/8), mengatakan bahwa gardu bergerak sebenarnya memiliki nama teknis mobile substation. Namun, PLN memiliki branding tersendiri yaitu power bank.

Alasan penyebutan gardu bergerak sebagai power bank adalah karena gardu-gardu bergerak tersebut berupa mobil sehingga dapat dipindahkan dengan mudah. Selama Asian Games 2018 berlangsung, PLN menyiagakan 51 unit power bank tersebut di berbagai lokasi di sekitar venue.

“Power bank itu kami siagakan secara tersebar di tempat-tempat yang berkaitan dengan Asian Games, diantaranya di arena-arena pertandingan serta wisma atlet. Di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), ada 10 unit yang kami siapkan,” ujar Ikhsan, dilansir Berita Satu.

Unit-unit power bank di Gelora Bung Karno, Senayan, ditempatkan di luar area pertandingan seperti di area fan zone dan dining hall. Power bank tersebut digunakan untuk cadangan daya listrik dan back up apabila suplai listrik yang telah ada tidak mencukupi.

“Untuk menghindari terjadinya mati listrik atau kedip, maka kami bantu back up dengan power bank,” kata Ikhsan.

Mekanisme penggunaan power bank, lanjut Ikhsan, cukup mudah. Petugas cukup menarik kabel dari gardu listrik terdekat untuk disambungkan ke power bank. Jika dibandingkan dengan genset, power bank lebih dan tidak berisik. Pengoperasian genset juga lebih mahal karena harus menggunakan bahan bakar solar.

Terakhir, Ikhsan mengaku pihaknya sudah siap untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here