Home Peristiwa Bencana Alam Catatan Sementara Gempa Lombok, 82 Tewas

Catatan Sementara Gempa Lombok, 82 Tewas

SHARE
Korban gempa Lombok memgungsi ke tempat aman (foto: Antara)
Korban gempa Lombok memgungsi ke tempat aman (foto: Antara)

Mataram – Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang kawasan Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8). Ratusan gempa susulan terjadi setelahnya.

Menurut catatan terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB pada Senin (6/8) pukul 04.00 WITA, ada 82 orang warga meninggal dunia. Sebagian besar korban meninggal karena tertimpa bangunan roboh.

“Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok, Lombok Timur dan Kota Mataram,” Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dilansir Kompas.

Ratusan korban luka-luka terpaksa dirawat di luar rumah sakit dan Puskesmas karena kamar sudah penuh, kondisi bangunan rusak, dan kekhawatiran akan terjadinya gempa susulan. Ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang aman.

Tim SAR Gabungan masih terus menyisir dan melakukan evakuasi korban. Petugas berwenang dan relawan juga akan segera mengirimkan tambahan bantuan logistik dan peralatan. Sementara itu, TNI akan memberangkatkan tambahan pasukan dan bantuan khususnya obat-obatan, tenda, alat komunikasi, dan tenaga medis.

Akibat gempa ini, kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berada di Mataram, Lombok Utara, dan Lombok Timur diliburkan. Warga khawatir kondisi bangunan sekolah setelah gempa membahayakan kegiatan belajar mengajar tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here