Home Peristiwa Bencana Alam Gempa Lombok : Hingga Senin Pagi, Tercatat Ada 124 Gempa Susulan

Gempa Lombok : Hingga Senin Pagi, Tercatat Ada 124 Gempa Susulan

SHARE
Korban gempa Lombok harus dirawat di luar ruangan (foto: AFP)
Korban gempa Lombok harus dirawat di luar ruangan (foto: AFP)

Lombok – Gempa berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang kawasan Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (5/8). Sejumlah gempa susulan masih terjadi sesaat setelah gempa besar tersebut. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 124 gempa susulan hingga Senin (6/8) pukul 06.00 WIB.

Menurut Kepala Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko, gempa berkekuatan 7 SR yang terjadi kemarin adalah gempa utama (main shock) dari rangkaian gempa sebelumnya. Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Mataram menjadi daerah terparah terdampak gempa.

Hingga pukul 04.00 WITA, tercatat ada 82 korban meninggal dunia. Laporan BPBD Provinsi NTB menyebutkan bahwa rincian korban terdiri dari 65 warga Kabupaten Lombok Utara, 9 warga Lombok Barat, 2 warga Lombok Tengah, 4 warga Kota Mataram, dan 2 warga Lombok Timur. Penyebab utama meninggalnya korban adalah karena tertimpa bangunan roboh.

“Korban luka-luka banyak yang dirawat di luar puskesmas dan rumah sakit karena kondisi bangunan yang rusak. Selain itu gempa susulan terus berlangsung,” ujar Sutopo, dilansir CNN Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here