Home Berita Pilihan Janda Jualan Boneka Isi Uang Palsu Ditangkap Polres Kebumen

Janda Jualan Boneka Isi Uang Palsu Ditangkap Polres Kebumen

SHARE
Janda Jual Boneka Isi Uang Palsu Ditangkap Polres Kebumen (foto: Kompas)
Janda Jual Boneka Isi Uang Palsu Ditangkap Polres Kebumen (foto: Kompas)

Kebumen – Janda berinisial SR (51) ditangkap Polres Kebumen karena kasus uang palsu. Penangkapan SR dilakukan di depan Alfamart Masjid Agung Kebumen, Minggu (12/8), sekitar pukul 20.00 WIB.

Warga asal Jakarta Timur itu mengaku mendapatkan uang palsu dari ER, seorang pria asal Kota Semarang. SR mengaku bertemu dengan ER di terminal bus Temanggung.

“Modus operandi yang dilakukan SR untuk mengelabui petugas adalah dengan memasukkan 100 lembar uang palsu pecahan Rp100.000,00 ke dalam boneka,” kata Kapolres Kebumen, AKB Arief Bahtiar, Selasa (14/8), dilansir Kompas.

SR membeli boneka berisi 100 lembar uang palsu dari ER seharga Rp3 juta. Kemudian, tersangka bermaksud menjual kembali boneka berisi uang palsu tersebut kepada pembeli di Kebumen dengan harga Rp5 juta.

Namun, sebelum berhasil melaksanakan aksinya, SR tertangkap basah oleh petugas kepolisian. Barang bukti berisi uang palsu rencananya akan dicek bersama dengan pihak bank untuk mengetahui keaslian dari uang tersebut.

Saat diinterogasi polisi, SR mengaku nekat mengedarkan uang palsu untuk menafkahi keluarganya. Dia merasa tidak memiliki keterampilan apa pun dan harus menghidupi kedua anaknya seorang diri.

“Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif oleh Unit Tipiter Sat Reskrim Polres Kebumen. Tersangka dijerat pasal 36 jo pasal 26 UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dan diancam hukuman maksimal 10 tahun penjara,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here