Home Berita Pilihan Jembatan di Genoa Ambruk, Setidaknya 26 Orang Tewas

Jembatan di Genoa Ambruk, Setidaknya 26 Orang Tewas

SHARE
Jembatan di Genoa Italia Ambruk (foto: AP)
Jembatan di Genoa Italia Ambruk (foto: AP)

Genoa – Setidaknya 26 orang tewas setelah sebuah jembatan di tengah kota Genoa, Italia, ambruk pada Selasa (14/8). Ratusan kendaraan rusak dan bangunan jembatan roboh mengenai jalanan di bawahnya. Tragedi ini lantas memunculkan keprihatinan tentang kemungkinan struktur prasarana jalan di Italia yang semakin tua.

Adriano Scimpioni, pria yang baru saja menyelesaikan ‘shift’-nya di perusahaan pengelola sampah kota, mengaku mendengar suara seperti dentuman keras dan decitan besi. Sesaat setelah mendengar suara tersebut, lingkungan sekitar dia bekerja langsung diliputi awan debu. Dua rekan kerja Scimpioni termasuk dalam daftar korban tewas.

“Kami tidak bisa melakukan apa-apa. Kami tidak mempunyai sarana untuk membantu para korban yang terjebak di bawah reruntuhan,” kata Scimpioni, dilansir The Boston Globe.

Menurut keterangan Angelo Borrelli, Kepala Departemen Keamanan Sipil, jembatan layang tersebut ambruk sebelum tengah hari dan mengenai sekitar 36 mobil dan tiga truk di bawahnya.

Andrea Rescigno, seorang saksi mata, sedang berada di mobilnya ketika jembatan di depannya hancur. Dia melihat mobil dan truk di depannya “nyemplung” ke bawah badan jalan.

“Istriku berteriak agar aku menghentikan laju mobilku. Jika tidak, kami sudah tewas,” katanya kepada stasiun TV lokal Genoa, Primocanale.

Tidak jelas apa penyebab runtuhnya jembatan layang tersebut. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, terbang ke Genoa untuk memeriksa TKP. Dia menyebut kejadian ini sebagai “tragedi besar”.

Sementara itu, Menteri Transportasi Nasional Italia, Danilo Toninelli, mengaku bahwa banyak infrastruktur, termasuk jembatan, yang harus dirawat secara rutin untuk menghindari tragedi semacam ini terulang kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here