Home Berita Pilihan 122,5 Ton Ganja di Sumatra Utara Dimusnahkan

122,5 Ton Ganja di Sumatra Utara Dimusnahkan

SHARE
Ilustrasi ladang ganja (foto: wikipedia)
Ilustrasi ladang ganja (foto: wikipedia)

Medan – Sebanyak 122,5 ton ganja dimusnahkan oleh Badan Narkotika Nasional yang bekerja sama dengan Bareskrim Polri, Polres Mandailing Natal, dan TNI Angkatan Darat. Ratusan ton ganja tersebut merupakan bagian dari ladang ganja di perbukitan Tor Sihite, Dusun Bandar Julu, Desa Banjar Lancat, Kecamatan Penyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara.

Ladang ganja tersebut memiliki luas mencapai 3,5 hektare. Setiap satu meter lahan memiliki enam batang pohon ganja. Ketinggian batang pohon satu sampai dengan tiga meter.

“Semua pohon ganja itu dimusnahkan dengan cara dibakar,” kata Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba BNNP Sumut, AKBP Agus Halimudin, Jumat (31/8), dilansir Berita Satu.

Pemusnahan ladang ganja itu disaksikan oleh Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN RI, Brigjen Viktor J. Lassut MM; Kombes Jacksen; Kombes Giri; Kombes Iwan Eka Putra; dan perwakilan dari Bareskrim Mabes Polri.

Laporan masyarakat tentang adanya ladang ganja menjadi awal polisi menindaklanjuti kasus ini. Ladang ganja tersebut terletak di sebuah perbukitan yang curam yang hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama tiga jam.

Sementara itu, Kapolres Mandailing Natal, AKBP Irsan Sinuhaji, menduga masih ada lahan di Tor Sihite yang dimanfaatkan oleh sindikat narkoba sebagai ladang ganja. Petugas masih akan terus melanjutkan penyelidikan dan memusnahkan ladang ganja. Proses hukum terhadap para petani ganja juga terus dilanjutkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here