Home Berita Pilihan Pesawat Erix Soekamti Jatuh di Gunungkidul

Pesawat Erix Soekamti Jatuh di Gunungkidul

SHARE
Pesawat Erix Soekamti Jatuh di Gunungkidul (foto: Kompas)
Pesawat Erix Soekamti Jatuh di Gunungkidul (foto: Kompas)

Yogyakarta – Sebuah pesawat jatuh di pekarangan rumah warga di Dusun Gading 1, RT 12, RW 01, Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa (4/9) petang. Pesawat Microlight tipe Sky Ranger PK S160 tersebut jatuh karena mengalami masalah di mesin.

Menurut laporan Ketua Jogja Flying Club, Tjandra Agus Budiman, dalam jumpa pers di Ruang Pentak TNI AU, pesawat tersebut dipiloti oleh Faslan. Kopilot pesawat adalah vokalis band Endank Soekamti, Erix Soekamti alias Erik Kristianto (36).

Pesawat tersebut adalah milik pribadi Erix Soekamti yang sudah menjadi anggota Jogja Flying Club. Sedianya, pesawat Sky Ranger tersebut digunakan untuk latihan terbang rutin.

Pesawat berangkat dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta dalam keadaan cuaca cukup cerah dan layak untuk penerbangan. Kondisi angin berkecepatan 10 knot atau bagus untuk penerbangan.

Sebelum mengudara, pilot dan kopilot melakukan briefing dan cek medis. Seluruh komponen pesawat juga diperiksa dan telah dinyatakan layak terbang. Latihan terbang dilakukan di area Selatan, tepatnya, di landasan utara Gading Gunungkidul.

Namun, pada saat berada di ketinggian 5.000 kaki, pesawat mengalami masalah pada mesin pada pukul 16.00 WIB. Pilot lantas memutuskan untuk mendarat di landasan udara Gading.

“Terjadi engine fail, pukul 16.00 WIB pilot declare ‘mayday-mayday’. Pilot berusaha masuk landasan, tetapi tidak bisa,” kata Tjandra, dilansir Kompas.

Pilot lantas berusaha mencari lokasi landasan sesuai prosedur yaitu di lokasi paling aman, tidak menimbulkan korban di bawah, tidak di perumahan, serta juga bisa menyelamatkan pilot dan kopilot. Maka dari itu, pilot berusaha mendaratkan di dekat final runaway 10 Gading.

Usai kejadian, Erix mengunggah foto dirinya beserta kabar terakhirnya di story Instagram. Dia menyebutkan bahwa dirinya baik-baik saja serta mengucapkan syukur karena tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here