Home Dunia Asia Pasifik Jepang Dilanda Bencana Alam Beruntun

Jepang Dilanda Bencana Alam Beruntun

SHARE
Angin Topan Terjang Jepang (foto: Kompas)
Angin Topan Terjang Jepang (foto: Kompas)

Sapporo – Akhir-akhir ini, negeri Jepang sedang dilanda bencana alam secara beruntun. Pada Selasa (4/9), angin topan menghantam negara Matahari Terbit itu. Badan meteorologi setempat menyatakan bahwa topan tersebut merupakan angin topan terkencang dalam 25 tahun terakhir.

Angin topan yang dinamai Jebi itu mempunyai kecepatan hingga 216 kilometer per jam. Bencana itu datang pada tengah hari dan menghantam wilayah barat Jepang yang baru saja selesai diguyur hujan terderas tahun ini.

Ryuta Kurora selaku Kepala Badan Meteorologi Jepang menginformasikan bahwa topan Jebi itu adalah angin topan terkuat sejak 1993.

“Beberapa jam sebelumnya, Pulau Shikoku sudah merasakan keganasan badai ini dan semakin kuat,” katanya, dilansir Kompas.

Pada Kamis (6/9) dini hari sekitar pukul 03.00 waktu setempat, gempa bermagnitudo 6,6 selama 20 detik mengguncang Pulau Hokkaido. Pusat gempa berada di sekitar 27 kilometer timur Tomakomai, Hokkaido selatan pada kedalam 33,4 kilometer.

Gempa tersebut memang tidak berpotensi tsunami. Akan tetapi, kawasan dekat tebing rawan tanah longsor yang dipicu gempa.

Layanan kereta api cepat Shinkansen di Hokkaido terpaksa harus tidak beroperasi karena adanya pemadaman listrik. Sekitar 3 juta rumah kehilangan sumber daya listrik di Sapporo.

Rentetan bencana alam di Jepang ini membuat puluhan ribu orang harus mengungsi ke tempat yang aman. Seorang pria berusia 82 tahun tewas terjatuh dari tangga di kediamannya di Tomakomai usai gempa terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here