Home Dunia Asia Pasifik 30 Tewas dalam Bencana Gempa Magnitudo 6,6 di Jepang

30 Tewas dalam Bencana Gempa Magnitudo 6,6 di Jepang

SHARE
Dampak Gempa Jepang (foto: CNN)
Dampak Gempa Jepang (foto: CNN)

Tokyo – Kawasan utara Jepang dihantam gempa bumi bermagnitudo 6,6. Hingga Sabtu (8/9), korban jiwa akibat gempa bertambah menjadi 30 orang.

Menurut pemberitaan AFP, korban tewas kebanyakan berada di kota Atsuma, sebuah kota kecil yang hancur karena terkena longsoran tebing. Pemerintah setempat mengatakan bahwa ada 400 orang luka ringan dan sembilan orang lainnya hilang.

Warga setempat bernama Akira Matsushita mengaku terkejut dengan adanya insiden tanah longsor di wilayahnya. Akira mengaku kehilangan saudaranya akibat peristiwa tersebut.

“Saya tidak percaya hingga melihatnya dengan mata kepala sendiri. Saya langsung tahu banyak yang bakal tak selamat,” kata Akira saat diwawancarai oleh TV Asahi.

Pemerintah melalui juru bicara pemerintah pusat, Yoshihide Suga, mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan 40.000 tim penyelamat, bulldozer, anjing pelacak, dan 75 helikopter. Dari tim penyelamat tersebut, Pasukan Pertahanan Diri Jepang juga terdapat di dalamnya.

Gempa magnitudo 6,6 itu terjadi pada Kamis (6/9) di Pulau Hokkaido. Gempa merusak pembangkit listrik tenaga panas bumi sehingga pasokan listrik ke tiga juta rumah terganggu.

Untungnya, pemerintah dengan sigap mengatasi sehingga saat ini sebagian besar listrik sudah dipulihkan. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, pun mengklaim bahwa jumlah rumah yang masih belum menerima listrik berkurang menjadi 20.000 unit.

Setelah itu, pemerintah akan mengucurkan dana darurat untuk bantuan makanan, air, dan bahan bakar untuk listrik di rumah sakit. Masih ada 31.000 rumah yang belum menerima pasokan air. Sedangkan 16.000 orang sudah mengevakuasi diri ke tempat aman.

Jepang sedang dilanda banyak bencana alam belakangan ini. Sebelum gempa tersebut, daerah wilayah barat Jepang diterjang Topan Jebi. Topan yang tercatat sebagai topan terkuat dalam 25 tahun terakhir itu menewaskan 11 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here