Home Peristiwa Politik Din Syamsuddin Pilih Bersikap Netral, Ajukan Pengunduran Diri dari Posisi Utusan Presiden

Din Syamsuddin Pilih Bersikap Netral, Ajukan Pengunduran Diri dari Posisi Utusan Presiden

SHARE
Din Syamsuddin (foto: harianterbit)
Din Syamsuddin (foto: harianterbit)

Jakarta – Din Syamsuddin ingin bersikap netral dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) lantas memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo untuk dialog dan kerja sama antaragama dan peradaban.

Surat pengunduran sudah dilayangkan oleh Din kepada Presiden pada Jumat (21/9) kemarin. Surat tersebut sengaja baru saja dikirimkan karena bertepatan dengan pengundian nomor urut Pemilihan Presiden 2019.

“Organisasi yang pernah saya pimpin Muhammadiyah, punya khittah tidak terlibat dalam politik kekuasaan,” kata Din selepas menghadiri acara HUT Korps Alumni HMI, di Gedung Nusantara IV, DPR RI, Senayan, Jakarta. “Maka saya harus bersifat netral.”

Sebenarnya, Utusan Khsusu tidak termasuk dalam jabatan politik praktis. Namun, Din tidak ingin posisinya disalahpahami. Dia juga menjaga agar umat dan ormas Islam tidak terpecah belah.

Meskipun demikian, Din tetap akan menggunakan hak pilih pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Dia mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih dan tidak ikut golongan putih (golput). Pilihan masyarakat benar-benar akan menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here