Home Berita Pilihan Seniman Grafiti Jakarta Duga Vandalisme MRT Dilakukan oleh Seniman Luar Negeri

Seniman Grafiti Jakarta Duga Vandalisme MRT Dilakukan oleh Seniman Luar Negeri

SHARE
Vandalisme di kereta MRT (foto MRT Jakarta)
Vandalisme di kereta MRT (foto MRT Jakarta)

Jakarta – Seniman grafiti Jakarta yang memiliki julukan Zany13 menduga aksi vandalisme kereta MRT di Depo Lebak Bulus dilakukan oleh ahli grafiti asal luar negeri.

“Dari cara tagging-nya aja saya bisa lihat bukan orang sini, kok,” sebut Zany13 dalam pesan singkatnya kepada Tempo, Rabu (26/9).

Tagging adalah istilah di dalam dunia grafiti yang mengacu pada semacam tanda tangan. Setiap negara memiliki ciri khas tagging berbeda-beda. Menurut Zany13, tagging di kereta MRT tersebut adalah tulisan “JAKARTA 18” dan “FIRST”.

Seniman asal Jakarta lainnya yang dikenal dengan sebutan Hardthirteen juga mengiyakan bahwa handstyle dari grafiti di MRT itu diduga dilakukan oknum dari luar negeri. Handstyle memiliki arti yang sama dengan tagging.

Jumat (21/9) lalu, petugas pengamanan di Depo Lebak Bulus menemukan bahwa kereta MRT yang belum dioperasikan itu telah dicorat-coret dan diwarnai. Tulisan berwarna dominan ungu, merah muda, dan hijau “menghiasi” satu sisi kereta MRT tersebut.

Kasat Reskrim Polda Metro Jakarta Selatan, AKB Steven, mengaku bahwa pihaknya masih fokus pada olah TKP dan pemeriksaan saksi. Belum diketahui ciri-ciir pelaku dan berapa jumlah yang melakukan vandalisme tersebut. Steven mengaku dari pemeriksaan saksi, tidak ada yang melihat saat vandalisme tersebut dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here