Home Peristiwa Bencana Alam Gempa Donggala : Belum Diketahui Jumlah Pasti Korban Jiwa

Gempa Donggala : Belum Diketahui Jumlah Pasti Korban Jiwa

SHARE
Gempa Donggala dan sekitarnya rusak pertokoan (foto: BNPB)
Gempa Donggala dan sekitarnya rusak pertokoan (foto: BNPB)

Palu – Gempa dan tsunami terjadi di Kota Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, terjadi pada Jumat (28/9). Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter itu terjadi pada pukul 17.02 di kedalaman 10 kilometer. Lokasi pusat gempa berada pada 27 kilometer timur laut. Peringatan dini tsunami dicabut pada pukul 17.36 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum mengetahui jumlah angka korban secara pasti. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, pada Sabtu (29/8), mengatakan bahwa beberapa jenazah ditemukan di beberapa tempat. Banyak korban meninggal karena tertimpa bangunan roboh.

“Tsunami juga menerjang beberapa permukiman dan bangunan di pantai. Jumlah korban dan dampaknya masih dalam pendataan,” kata Sutopo, dilansir Kompas.

Sementara itu, gempa membuat pasien rumah sakit enggan kembali ke kamar inap. Sebanyak 178 pasien RSUD Poso memilih menginap di halaman rumah sakit karena trauma akan adanya gempa susulan.

Pasien asal Desa Malei, Kabupaten Tojo, Una-Una, Muhamad Farham (20), takut untuk kembali masuk ke ruang perawatan karena masih terjadi gempa susulan. Dia dirawat karena patah kaki.

“Saya masih takut masuk kamar atau ruangan. Lebih baik, (saya) dirawat di halaman saja. Kalau sudah betul-betul aman, baru saya mau masuk,” kata Farham.

Direktur Umum RSUD Poso, Hasmar Massalinri, mengatakan bahwa ada 178 orang yang menginap di halaman. Pasien tersebut terdiri dari 170 orang pasien tetap dan 8 orang pasieng masuk akibat gempa. Kedelapan pasien masuk karena gempa masih dalam pemeriksaan medis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here