Home Peristiwa Bencana Alam Imbau Tunjukkan Solidaritas Gempa Sulteng, SBY Ajak Semua Pihak Hentikan Kampanye Sementara

Imbau Tunjukkan Solidaritas Gempa Sulteng, SBY Ajak Semua Pihak Hentikan Kampanye Sementara

SHARE
Susilo Bambang Yudhoyono (foto: lintaspos)

Jakarta – Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, mengajak semua pihak untuk menghentikan sementara kegiatan kampanye Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019. Hal ini sebagai bentuk solidaritas atas gempa bermagnitudo 7,4 dan tsunami di Donggala dan Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

“Dalam keadaan seperti ini, saya berpendapat dan menyarankan agar untuk sementara waktu paling tidak untuk Sulawesi Tengah, Palu, Donggala, dan sekitarnya itu kegiatan kampanye pemilu dihentikan,” kata SBY dalam video yang diunggah ke akun YouTube-nya, Minggu (30/9), dilansir Kompas.

SBY mengingatkan semua pihak untuk fokus membantu pemerintah menangani bencana sebagai solidaritas kepada saudara yang tengah mengalami musibah. Dalam video berdurasi 3 menit 20 detik itu, SBY menceritakan kembali pengalamannya ketika bersaing di Pilpres 2009. Saat tahapan kampanye, terjadi bencana jebolnya tanggul Situ Gintung sehingga Kelurahan Cirendeu, Tangerang, terdampak bencana dan banyak timbul korban.

Saat itu, SBY berpasangan dengan Budiono dan bersaing dengan Jusuf Kalla. SBY dan JK sepakat untuk menghentikan kampanye dan mengatasi masalah dengan cara salah satunya menuju ke daerah bencana bersama-sama.

Cerita lainnya, Indonesia saat itu sedang dalam situasi operasi militer menghadapi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada tahun 2004. Namun, di tengah-tengah operasi militer, terjadi gempa dan tsunami di Aceh dan Nias. SBY langsung menyerukan semacam gencatan senjata kepada pihak GAM dan TNI. Semua pihak bahu-membahu menyelamatkan saudara-saudara yang menjadi korban dan segera melakukan tanggap darurat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here