Home Berita Pilihan Hujan Deras, Aceh Utara Banjir

Hujan Deras, Aceh Utara Banjir

SHARE
Banjir di Aceh Utara (foto: Kompas)
Banjir di Aceh Utara (foto: Kompas)

Matangkuli – Banjir merendam sejumlah desa di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, sejak Minggu (30/9). Banjir memaksa ratusan Kepala Keluarga (KK) untuk mengungsi ke masjid, meunasah, dan dataran tinggi. Meluapnya air dari Krueng Pirak dan Keureuto karena kawasan Bener Meriah diguyur hujan deras dua hari lalu menjadi penyebab banjir di Aceh Utara ini.

Banjir belum reda dan malah meluas pada Senin (1/10) hingga merendam 22 desa. Bahkan, banjir mulai meluas ke kecamatan lainnya yakni Kecamatan Tanah Luas.

Menurut salah satu warga Desa Hagu, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Muhammad, banjir sudah mulai merendam kawasan mulai kemarin. Air baru mulai surut pada malam hari. Dia mengatakan bahwa air mulai naik pada Senin pukul 02.00 WIB. Rendaman banjir semakin meluas karena berbarengan dengan hujan deras.

Sejumlah desa seperti Lawang, Siren, Alue Tho, dan Tumpok Barat Kecamatan Matangkuli adalah beberapa desa yang mengalami banjir terparah. Ketinggian air di desa-desa ini mencapai satu meter di jalan. Di dalam rumah warga, ketinggian air lebih dari satu meter.

Menurut Muhammad, warga desanya mengungsi ke masjid sedangkan warga Desa Tumpok Barat mengungsi ke jalan eks ExxonMobil. Sementara itu, Warga Desa Alue Tho mengungsi ke titik yang belum terendam banjir.

“Ada juga warga yang mengungsi ke rumah tetangganya yang memiliki rumah panggung karena tidak memungkinkan lagi bertahan di rumah,” kata Muhammad, dilansir Kompas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here