Home Peristiwa Bencana Alam Sumba Timur Gempa, Sehari Bisa 24 Kali

Sumba Timur Gempa, Sehari Bisa 24 Kali

SHARE
Gempa Sumba Timur
Gempa Sumba Timur

Waingapu – Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa pada Selasa (2/10). Dalam sehari, wilayah ini diguncang gempa hingga 24 kali.

Gempa beruntun itu terjadi sejak mulai pukul 07.12 WITA sampai dengan 17.24 WITA. Arief Tyastama selaku Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Waingapu, Sumba Timur, mengatakan bahwa gempa yang melanda Sumba Timur bermagnitudo 3,3 hingga 6,3. Hanya enam gempa yang dirasakan warga yaitu gempa bermagnitudo 4,9; 5,2; 5,3; 5,9; 6; dan 6,3.

“Kepada masyarakat, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Arief, dilansir Kompas.

Di lain tempat, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumba Timur, Martina D. Jera, mengatakan bahwa pihaknya masih terus mendata bangunan yang rusak karena gempa. Namun, hingga saat ini, pihaknya baru mendata fasilitas umum. Data rumah warga yang rusak belum sempat didata.

Pihak BPBD mengaku kesulitan mendata bangunan yang rusak di wilayah selatan Sumba Timur karena sulit mengakses jaringan telepon seluler. Meskipun demikian, Martina mengimbau warga untuk terus mengikuti arahan dari pihak BMKG.

“Nanti akan kita sampaikan secara rinci data bangunan yang rusak,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here