Home Peristiwa Bencana Alam 45 Tersangka Pelaku Penjarahan Pascagempa Palu Ditangkap

45 Tersangka Pelaku Penjarahan Pascagempa Palu Ditangkap

SHARE
Penjarahan pascagempa dan tsunami Palu
Penjarahan pascagempa dan tsunami Palu

Palu – Sebanyak 45 orang yang diduga sebagai pelaku penjarahan gudang, minimarket, dan ATM ditangkap anggota Polresta Palu. Polisi juga turut mengamankan puluhan jenis barang bukti dan alat untuk melakukan aksi tidak terpuji itu.

“Para pelaku merupakan kelompok penjarahan sejumlah fasilitas umum seperti kios, minimarket, ataupun gudang elektronik yang ditinggal pergi oleh para pemiliknya saat gempa terjadi,” kata Kabiro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di halaman Mapolresta Palu, Selasa (2/10), dilansir Kompas.

Sebagian dari para pelaku adalah residivis dan narapidana dari Lapas Petobo yang kabur saat gempa terjadi. Aksi penjarahan yang dilakukan pascagempa dan tsunami pada Jumat (28/9) itu meresahkan warga. Pasalnya, barang-barang yang diambil pelaku bukanlah kebutuhan pokok yang dibutuhkan darurat pascabencana.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sempat mempersilakan warga untuk mengambil bahan-bahan pangan dan sandang dari sejumlah toko dan minimarket di lokasi bencana. Namun, Tjahjo membantah bahwa dia mempersilakan warga untuk menjarah.

Kepolisian mendata beberapa barang bukan pangan dan sandang yang dijarah oleh para pelaku, Televisi, komputer, kulkas, sepeda motor, dan mesin ATM adalah beberapa barang bukan bahan pokok yang dijarah ke-45 pelaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here