Home Peristiwa Bencana Alam 3 Tewas dalam Gempa Magnitudo 6,3 di Jawa Timur

3 Tewas dalam Gempa Magnitudo 6,3 di Jawa Timur

SHARE
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)

Jakarta – Kamis, (11/10), pukul 01.57 WIB, beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur diguncang gempa. Titik koordinat pusat gempa berkekuatan magnitudo 6,3 itu berada di 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya di laut dan berjarak 55 kilometer arah timur laut dari Kota dan kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dengan kedalaman 12 kilometer.

Wilayah yang terdampak gempa termasuk Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Blitar.

Warga di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto juga merasakan gempa tersebut. Analisis BMKG juga mengungapkan bahwa gempa ini dirasakan di Denpasar (III-IV MMI), Karangkates (III MMI), Giayang (III MMI). Juga dirasakan di Nusa Tenggara Barat, seperti Lombok Barat (III MMI), Mataram (III MMI), dan Pandaan (III MMI). Artinya, gempa dirasakan sangat ringan.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tidak banyak kerusakan akibat gempa. Namun, ada tiga korban meninggal karena tertimbun bangunan. Ketiga korban adalah warga Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here