Home Berita Pilihan Fenomena Sun Dogs: Video Viral Perlihatkan 4 Matahari di Kepulauan Riau

Fenomena Sun Dogs: Video Viral Perlihatkan 4 Matahari di Kepulauan Riau

SHARE
Video Empat Matahari di Kepri Viral
Video Empat Matahari di Kepri Viral

Jakarta – Sebuah video viral di dunia maya memperlihatkan warga yang heboh melihat “empat matahari” di langit. Video tersebut diduga diambil di Kepulauan Riau.

Masyarakat yang awam dengan fenomena ini menganggap fenomena tersebut adalah pertanda akan datangnya kejadian tak diinginkan. Namun, fenomena ini sebenarnya tidak awam lagi di kalangan astrofisikawan. Fenomena empat matahari tersebut disebut “Sun Dogs” atau “Parhelion”.

Fenomena Sun Dogs akan memunculkan cahaya matahari tambahan. Fenomena itu muncul ketika cahaya matahari menembus sekumpulan lempeng kristal es berbentuk heksagonal yang tersusun secara horizontal di awan tinggi (awan cirrus). Cahaya dibelokkan dengan sudut minimal 22 derajat sebagai akibat dari pembiasan kristal.

Pada dasarnya, fenomena Sun Dogs sama dengan fenomena terbentuknya pelangi. Biasanya, Sun Dogs terjadi di dekat ufuk langit dan dalam kondisi atmosferik yang sangat langka. Kondisi yang sangat dingin di awan tinggi di sekitar wilayah tersebut adalah salah satu syarat terjadinya fenomena Sun Dogs. Indonesia adalah negara dengan cuaca cukup panas sehingga jarang mengalami fenomena ini.

Sun Dogs biasanya menciptakan “dua matahari” yang terbentuk di awan tinggi dan “dua matahari” lainnya terbentuk di udara sekitar. Rusia, Mongolia, Kazahkstan adalah beberapa negara yang pernah disambangi Sun Dogs.

Fenomena ini tidak berbahaya. Keindahan Sun Dogs biasanya diabadikan oleh para fotografer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here