Home Berita Pilihan Panglima TNI Dengar Suara Black Box Lion Air JT 610 di Tanjung...

Panglima TNI Dengar Suara Black Box Lion Air JT 610 di Tanjung Priok

SHARE
Tim penyelam mencari kotak hitam Lion Air JT 610 (foto: Tribunnews)
Tim penyelam mencari kotak hitam Lion Air JT 610 (foto: Tribunnews)

Jakarta – Pencarian Black Box pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10) lalu sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, yang turut memantau pencarian kotak hitam itu mendengar suara ping dari kotak hitam itu pada Rabu (31/10) malam.

“Jadi, di black box itu, ada ping yang bisa berbunyi. Kita berdua (dengan Marsekal Hadi Tjahjanto) mendengarkan suara ‘tit, tit, tit,’ suara terdengar,” kata Kepala Basarnas, Muhamad Syaugi, di Tanjung Priok, Rabu, dilansir Tempo.

Syaugi memang turut mendampingi Hadi Tjahjanto mencari kotak hitam itu bersama petugas lainnya. Sinyal kotak hitam didapat setelah satu dari empat kapal berteknologi pemindai objek bawah laut menemukan bagian-bagian pesawat. Kapal tersebut juga menemukan lokasi ping.

Perkembangan pencarian itu langsung ditanggapi dengan menurunkan tim penyelam. Meskipun demikian, arus bawah laut cukup deras sehingga menyulitkan pencarian. Sebuah alat yang disebut Remotely Operated Vehicle bahkan hilang ditelan arus.

Daerah tempat lokasi ping berada di area yang dipenuhi banyak pipa milik Pertamina. Basarnas pun meminta izin ke Pertamina untuk dapat menurunkan jangkar di tempat tersebut.

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, tim Basarnas akan bekerja 24 jam di lokasi tersebut. Meskipun penyelaman di malam hari memungkinkan, Basarnas tetap mengutamakan keselamatan tim penyelamat dan relawan yang membantu pencarian.

Pesawat Lion Air JT 610 itu membawa 181 orang penumpang yang seharusnya mendarat di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP itu dipimpin oleh seorang pilot Kapten Bhavye Suneja dan kopilot Harvino. Selain penumpang dan pilot, pesawat tersebut juga membawa lima awak kabin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here