Home Berita Pilihan Sertu Hendra Temukan Black Box Lion Air JT 610, Berhasil Diangkat

Sertu Hendra Temukan Black Box Lion Air JT 610, Berhasil Diangkat

SHARE
Sertu Hendra menemukan barang diduga kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 (foto: Kumparan)
Sertu Hendra menemukan barang diduga kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 (foto: Kumparan)

Jakarta – Seorang penyelam TNI AL, Sertu Hendra, berhasil menemukan kotak hitam Lion Air JT 610 setelah menyelam sedalam sekitar 30 meter di perairan Karawang, Jawa Barat. Hendra mengaku kondisi arus air kencang dan harus menyelam dengan keterbatasan alat. Bahkan, tim penyelamat memanfaatkan tali agar tidak terlempar dan tidak terbawa arus.

“Karena tali tersebut agak menghambat, kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali,” kata Hendra, dilansir Kumparan.

Hendra mengaku sempat putus asa saat mencari black box. Namun, dia tetap berusaha mengikuti petunjuk alat yang digunakan dan mulai menemukan serpihan-serpihan pesawat.

Dia bersama rekan tim penyelamat lantas membongkar serpihan-serpihan tersebut dan menemukan sinyal dari kotak hitam. Setelah menyempitkan area pencarian, mereka menggali tempat tersebut dan menemukan kotak berwarna oranye itu.

Puluhan kapal dari berbagai instansi telah dikerahkan Basarnas untuk membantu proses evakuasi. Satu kapal sudah menurunkan jangkar di lokasi pencarian sehingga kapal tersebut tidak perlu bolak-balik ke dermaga.

Pesawat JT 610 yang bertujuan Jakarta-Pangkal Pinang itu membawa 181 penumpang dan 8 awak. Pilot pesawat bernama Bhavye Suneja dan kopilot bernama Hervino.

Pihak berwenang sudah menyampaikan bahwa kemungkinan besar seluruh penumpang dan awak pesawat tewas dalam insiden tersebut. Hingga saat ini, baru satu korban yang berhasil diidentifikasi. Korban tersebut adalah Jannatun Cintya Dewi yang bertempat tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here