Home Berita Pilihan Kabin Bianglala Sekaten Jogja Terbalik Diduga Gara-gara Baut

Kabin Bianglala Sekaten Jogja Terbalik Diduga Gara-gara Baut

SHARE
Kabin Bianglala di Yogyakarta Terbalik
Kabin Bianglala di Yogyakarta Terbalik

Yogyakarta – Insiden kabin bianglala terbalik di Pasar Malam Alun-alun Utara Yogyakarta diduga karena ada masalah teknis pada baut. Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno, pada Senin (12/11) mengatakan bahwa pihaknya mendalami kejadian tersebut agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Sementara itu, Pemerintah Kota Yogyakarta juga menindaklanjuti insiden yang sempat viral di media sosial itu dengan meminta pengelola wahana melakukan pengecekan.

“Panitia juga melakukan pengecekan semua wahana,” kata Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Senin, dilansir Kompas.

Wahana bianglala yang mengalami insiden pada Minggu (11/11) itu diminta untuk tidak dioperasikan terlebih dahulu sampai bisa memberikan jaminan keamanan. Sementara itu, pada Selasa (13/11), Pemkot Jogja yang telah berkoodinasi dengan berbagai pihak termasuk kepolisian, memutuskan untuk menghentikan operasional dua wahana di Pasar Malam Perayaan Sekaten di Alun-alun Utara Yogyakarta.

“Dengan ini, kami putuskan bahwa untuk wahana bianglala dan kora-kora di area PMPS operasionalnya dihentikan. Semua ada tujuh bianglala dan delapan kora-kora,” kata Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Selasa (13/11).

Haryadi mengatakan bahwa kejadian tersebut menjadi sinyal peringatan bagi semua pihak untuk berhati-hati. Dia juga meminta maaf kepada masyarakat, pengunjung, dan operator atas keputusan tersebut karena telah diambil dengan berbagai pertimbangan, utamanya agar tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan.