Home Peristiwa Bencana Alam Gempa 5,5 SR Terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat

Gempa 5,5 SR Terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat

SHARE
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)

Palopo – Gempa bumi tektonik dengan skala 5,5 terjadi pada Kamis (15/11) pukul 07.01 WITA di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Gempa tersebut berpusat di koordinat 2,95 LS dan 119,41 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak lima kilometer arah timur Kota Mamasa. Gempa tersebut memiliki kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika, Rahmat Triyono, gempa 5,5 SR itu termasuk dalam jenis gempa bumi dangkal dengan mengacu pada kedalaman hiposenternya.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi di wilayah Kabupaten Mamasa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme turun. Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Mamasa dan Toraja dalam skala intensitas IV MMI serta Mamuju III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” katanya, dilansir Kompas.

“Hingga pukul 07.24 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Seorang warga, Abdel Rauf, mengaku mengira gempa tersebut mulanya adalah getaran yang dia rasakan karena efek olah raga. Akan tetapi, setelah mengetahui teman-temannya juga merasakan getaran, barulah dia tahu bahwa daerahnya sedang gempa.

“Sudah dua kali gempa terasa pagi ini,” ujarnya.

Sebelumnya, di hari yang sama pukul 01.23 WITA, gempa bermagnitudo 5,3 terjadi di perairan Bali. Warga Lombok, Nusa Tenggara Barat, mengaku merasakan gempa tersebut. Getaran gempa membuat panik warga karena sebelumnya mereka mendengar gemuruh hujan. Pusat gempa tersebut berada di 9.42 LS dan 115.41 BT dengan kedalaman 20 kilometer, tepanya 86 kilometer sebelah tenggara Denpasar.