Home Berita Pilihan JPO Jembatan Gantung Mangkrak?

JPO Jembatan Gantung Mangkrak?

SHARE
TransJakarta
TransJakarta

Jakarta – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Jembatan Gantung di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, belum juga selesai dibangun hingga saat ini. Padahal jembatan ini telah dibongkar pada Minggu (30/10) lalu.

Mangkraknya pengerjaan JPO ini membuat warga kesulitan untuk melintas menuju Halte TransJakarta Jembatan Gantung. Keselamatan warga terancam karena mereka harus menyeberang Jalan Daan Mogot yang dilintasi kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Menurut Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat, Riswan Efendi, JPO tersebut direncanakan akan dibangun mulai (15/11) silam. Namun, rencana berubah karena Pemprov DKI Jakarta kemudian berencana untuk menggunakan kelebihan dana Koefisien Lantai Bangunan (KLB) dari PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) untuk membangun JPO Jembatan Gantung.

“Jadi rencananya memang dulu targetnya tanggal 15 November mau dibangun baru. Cuma kemarin masih ada sibuk bikin adendum persetujuan dari Pak Gubernur ya karena (pembangunan) JPO di Jembatan Gantung bukan anggaran Pemprov nantinya, itu dari dana kelebihan KLB,” ujar Riswan, Kamis (22/11), dilansir Kompas.

Keuntungan menggunakan dana KLB untuk pembangunan JPO adalah tidak bergantung pada anggaran tahun berjalan. Pemprov DKI masih merevisi Perjanjian Kerja Sama (PKS) terhadap PT PKN. PT PKN sebelumnya hanya diserahi tanggung jawab membangun JPO Sudirman. Setelah revisi selesai, pihaknya akan meminta persetujuan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pihak Jasa Marga sempat meminta PT TransJakarta untuk menonaktifkan sementara Halte TransJakarta Jembatan Gantung. Karena hingga kini halte masih beroperasi, pihak TransJakarta wajib menempatkan petugasnya untuk membantu para warga menyeberang jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here