Home Berita Pilihan Tembok Pasar Rebo Roboh, Kondisi Sebelumnya Memprihatinkan

Tembok Pasar Rebo Roboh, Kondisi Sebelumnya Memprihatinkan

SHARE
Tembok Pembatas Pasar Rebo Roboh (foto: Kompas)
Tembok Pembatas Pasar Rebo Roboh (foto: Kompas)

Jakarta – Tembok pembatas di daerah Pasar Rebo, tepatnya di RT 007/005 Jalan Pesona IX, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, roboh karena longsor pada Senin (26/11) pukul 13.00 WIB. Nila, salah satu warga, mengaku bahwa tembok yang dibangun tahun 2005 silam itu memang sudah retak di beberapa sisi.

“Iya, jadi tembok itu memang sudah retak-retak Cuma enggak menyangka kalau sampai longsor,” katanya kepada wartawan di lokasi kejadian, dilansir Kompas.

Nila mengaku akan bepergian dengan menggunakan mobil dan melintasi jalan tersebut. Saat hendak melintas, tembok dan garasi warga tiba-tiba ambruk sehingga mengenai bagian depan mobilnya. Menurutnya, jalanan tersebut sering dilintasi warga.

“Pas habis bunyi petir, enggak lama langsung ambruk temboknya. Ada bata yang kena depan mobil saya sampai penyok,” jelasnya.

Masykur Haris, warga lainnya, juga melaporkan bahwa pipa-pipa di tembok setinggi enam meter tersebut juga sering mengeluarkan air yang mengandung tanah saat hujan. Jadi, tanda-tanda tembok akan ambruk tidak cuma terlihat dari retak-retaknya saja.

Sehari sebelumnya, hujan deras melanda kawasan permukiman tersebut. Tembok tersebut mengeluarkan air dari pori-pori tanah. Masykur menduga tanah di sekitar tembok sudah tidak ada karena keluar air dari tembok dan pipa. Karena itulah, tembok tersebut tidak mampu lagi menahan bangunan di atasnya lalu ambruk.

Saat longsor terjadi, permukiman warga yang berada di bawah tembok tersebut sempat tergenang air karena terkena terjangan air dari atas. Garasi ambruk dan sepeda motor yang berada dalam garasi tersebut tertimbun.

“Karena mungkin tanah sudah labil sehingga tembok penahan kavling longsor. Kavling ini sudah disiapkan gorong-gorong di bawah permukaan jalan oleh pengembang. Sepertinya ada kebocoran sehingga menyebabkan (longsor),” kata Camat Pasar Rebo P. Ritonga kepada wartawan di lokasi, Senin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here