Home Berita Pilihan Anies Pastikan Pemilik Rumah Longsor di Pasar Rebo Tidak Akan Direlokasi

Anies Pastikan Pemilik Rumah Longsor di Pasar Rebo Tidak Akan Direlokasi

SHARE
Tembok Pembatas Pasar Rebo Roboh (foto: Kompas)
Tembok Pembatas Pasar Rebo Roboh (foto: Kompas)

Jakarta – Para pemilik bangunan di RT 007 RW 005, Jalan Pesona IX, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, tidak akan direlokasi karena tergolong masyarakat mampu. Keputusan ini dipastikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai tindak lanjut atas longsornya bangunan-bangunan di kawasan tersebut.

Alih-alih membantu merelokasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bermusyawarah dengan para pemilik banguna agar bersedia pindah. Anies juga mengatakan bahwa para pemilik rumah seharusnya juga tidak ingin tinggal di tempat yang berisiko sehingga diharapkan agar segera pindah.

Jika mereka tetap tinggal di sana, longsor bisa kembali terjadi karena rumah-rumah tersebut dibangun di tepi tebing tanpa penopang yang kuat. Bangunan-bangunan tersebut juga berdiri di jalur hijau dan tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Untuk itu, Anies meminta lurah setempat untuk mengaudit pendirian bangunan-bangunan tersebut.

“Kita akan tunggu laporan dari Pak Lurahnya. Sesudah itu, nanti kita akan lakukan penertiban,” kata Anies, dilansir Kompas.

Setelah penertiban selesai dilakukan, rencananya, pihak Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur akan membangun turap dan memperbaiki saluran air.

“Sekarang kami melakukan pembersihan yang menutup jalan. Itu yang paling tepi kan kami akan bikin turap, karena turapnya juga sudah rusak jadi akan kami perbaiki,” ujar Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Mustajab, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/11).

Pihaknya menargetkan pengerjaan turap akan selesai dalam waktu 1,5 bulan. Sebelumnya, mereka akan membersihkan dahulu daerah tersebut dari longsor yang membutuhkan waktu sekitar seminggu. Untuk mengerjakan semuanya, akan dikerahkan 20 petugas dari Kecamatan Pasar Rebo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here