Home Berita Pilihan Situ Pedongkelan Penuh Sampah, Warga Terpaksa Cium Bau Tak Sedap

Situ Pedongkelan Penuh Sampah, Warga Terpaksa Cium Bau Tak Sedap

SHARE
ilustrasi sampah (foto: zdnet)
ilustrasi sampah (foto: zdnet)

Depok – Warga di pinggir Situ Pedongkelan Cimanggis, Tugu, Depok, harus bertahan menghirup bau tidak sedap lantaran sampah-sampah memenuhi permukaan situ tersebut. Bau tak sedap sangat kentara jika warga melintasi Jalan Situ Pedongkelan.

Pada Selasa (27/11), tampak terlihat sampah kemasan makanan, plastik, ranting pohon, dan dedaunan kering memenuhi situ. Sampah pepohonan yang mengapung di situ tampaknya tergolong baru. Sepertinya, ada orang yang baru menebang pohon dan dibuang ke situ. Namun, tidak terlihat adanya kegiatan menebang pohon di sekitar lokasi.

Menurut pengamatan, air situ terlihat berwarna hitam pekat. Air juga telah bercampur lumpur. Warga RT 005 RW 006, Jalan Situ Pedongkelan, mengatakan bahwa bau sampah terasa sangat menyengat terutama sehabis hujan. Dia dan warga lain cukup terganggu dengan tumpukan sampah dan bau tak sedap. Dia juga mengkhawatirkan kondisi kesehatan warga yang masih bayi.

Ketua RW 005, Sofinal Darwis, mengatakan bahwa sampah-sampah itu berasal dari sampah rumah tangga warga yang tinggal di sekitarnya.

“Iya. Sampah-sampah ada yang dari perumahan warga yang memang ada aja yang bandel pada buangnya ke situ,” kata Sofinal, dilansir Kompas. Sofinal khawatir sampah-sampah itu akan menyumbat aliran air dan mendangkalkan Situ Pedongkelan.

Sementara itu, Citra Yulianti selaku Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok mengatakan bahwa sampah-sampah di situ sudah dibendung setiap hari dan setiap minggu diangkut dan dibersihkan. Namun, sampah kerap menumpuk usai hujan.

“Ya. Sampah-sampah itu juga kiriman dari Kali Jantung. Makanya, tiap dibersihin pas hujan muncul terus sampahnya,” kata Citra.