Home Berita Pilihan 113 Narapidana Kabur dari LP Banda Aceh

113 Narapidana Kabur dari LP Banda Aceh

SHARE
Ilustrasi kabur dari penjara (foto: sydneycriminallawyers.com.au)
Ilustrasi kabur dari penjara (foto: sydneycriminallawyers.com.au)

Jakarta – Sebanyak 113 narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Banda Aceh pada Kamis (29/11) petang. Jumlah penghuni LP tersebut adalah 726 narapidana.

Mereka merusak terali besi pada jendela dua ruangan yang menghadap ke luar LP dengan menggunakan barbel dan benda tumpul lainnya. Polres Kota Banda Aceh berhasil menangkap empat narapidana pada Kamis malam. Kemudian, keesokan harinya, petugas menangkap 20 napi. Narapidana lainnya masih dalam pengejaran.

Menanggapi kejadian ini, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami, memeritahkan jajarannya untuk meningkatkan pengamanan di rumah tahanan maupun LP terutama saat jam-jam rawan.

“Menyikapi peristiwa tersebut, Ditjen PAS Sri Puguh Budi Utami memerintahkan kepada jajaran petugas lapas dan rutan agar mengambil langkah-langkah, melakukan dan meningkatkan intensitas kontrol dan inspeksi khususnya pada saat jam rawan,” ujar Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis, dilansir Kompas.

Sri Puguh juga meminta petugas untuk memastikan bahwa warga binaan berada di kamar yang dikunci. Jajarannya juga akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk meningkatkan intensitas kontrol. Mereka juga meminta bantuan pengamanan kepada dua instansi tersebut.

Lebih lanjut, Puguh berharap ada penambahan kekuatan pengamanan pada jajarannya. Dia juga meminta petugas LP dan rutan untuk mendeteksi dini potensi gangguan serta mengambil langkah cepat untuk mengatasinya.