Home Berita Pilihan KA Joglosemarkerto Diresmikan di Solo

KA Joglosemarkerto Diresmikan di Solo

SHARE
KA Joglosemarkerto (foto: Tribun)
KA Joglosemarkerto (foto: Tribun)

Surakarta – Peluncuran KA Joglosemarkerto pada Sabtu (1/12) bertempat di Stasiun Solobalapan Surakarta, Jawa Tengah. Kereta api ini akan melayani tujuan perjalanan Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto.

Peluncuran tersebut dihadiri Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI Bambang Eko Martono, Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto, perwakilan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Gunawati, dan para pejabat PT KAI Daop 6 Yogyakarta lainnya.

Upacara peresmian KA Joglosemarkerto melibatkan prosesi pemecahan kendi dan pemotongan tali rangkaian bunga. Setelah itu, KA Joglosemarkerto untuk pertama kalinya diberangkatkan menuju Yogyakarta-Purwokerto-Prupuk-Tegal-Pekalongan-Semarang-Solo.

Rute baru ini dimaksudkan untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan lintas selatan dan utara. Untuk menuju jalur utara, kereta api sebelumnya harus transit terlebih dahulu di jalur selatan. Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI, Bambang Eko Martono, mengatakan bahwa KA Joglosemarkerto merupakan kereta api yang benar-benar memutar (loop line) dari Solo-Purwokerto-Semarang-Solo.

Untuk rute tersebut, telah disiapkan tiga rangkaian kereta yang masing-masing berangkat dari Surakarta, Semarang, dan Purwokerto. KA Joglosemarkerto ini adalah gabungan dari KA Joglokerto dan KA Kamandaka.

Dua kereta eksekutif berkapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi berkapasitas 500 tempat duduk akan melayani perjalanan KA Joglosemarkerto.

“Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkarto memberikan pilihan konektivitas relasi tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya,” ujar Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, dilansir Kompas.

KA Joglosemarkerto adalah perpanjangan salah satu rute KA Kamandaka. Semula, rute KA tersebut adalah dari Semarang Tawang-Purwokerto. Sekarang, rute tersebut dapat diteruskan ke Yogyakarta-Solo-Semarang-Tawang. Eko berharap relasi baru ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah yang dilalui maupun yang berada di sekitar rute KA Joglosemarkerto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here