Home Berita Pilihan Ratusan Warga Palembang Terjangkit DBD

Ratusan Warga Palembang Terjangkit DBD

SHARE
Ilustrasi nyamuk demam berdarah dengue (foto: Berita Satu)
Ilustrasi nyamuk demam berdarah dengue (foto: Berita Satu)

Palembang – Sebanyak 641 warga Palembang terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak 2018 hingga awal tahun 2019. Banyaknya kasus DBD ini dikarenakan cuaca ekstrem.

Menurut keterangan Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2M), Dinas Kesehatan Palembang, Yudhi Setiawan, pada Rabu (9/1), hampir setengah dari 641 kasus DBD di Palembang diderita oleh anak-anak usia produktif. Tepatnya, ada 371 kasus DBD yang menjangkit anak usia 5-14 tahun.

Yudhi menjelaskan bahwa nyamuk Aedes Aegypti yang membawa penyakit DBD mudah berkembang saat terjadi perubahan cuaca. Belakangan ini, cuaca memang dengan cepat berubah dari panas terik mendadak hujan deras.

Pihak Dinas Kesehatan melakukan antisipasi dengan cara memberikan sosialisasi 3M kepada seluruh masyarakat Kota Palembang.

“Penerapan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur) harus diterapkan masyarakat karena jentik nyamuk ini berasal dari genangan air,” katanya, dilansir Kompas.

Dinas Kesehatan Palembang melakukan fogging atau pengasapan dengan dua parameter. Parameter pertama yaitu menyelidiki epidemiologi dengan memeriksa 20 rumah. Parameter kedua akan dijalankan apabila sebanyak 60% dari rumah tersebut positif mengidap DBD. Kemudian, jika ditemukan lebih dari tiga orang positif DBD, maka fogging baru bisa dilakukan. Kedua parameter tersebut ditetapkan karena apabila fogging terus dilakukan, bisa membuat nyamuk kebal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here