Home Tekno Internet Antisipasi Hoaks, WhatsApp Batasi Fitur “Forward Message” Hanya ke Lima Kontak

Antisipasi Hoaks, WhatsApp Batasi Fitur “Forward Message” Hanya ke Lima Kontak

SHARE

Jakarta – WhatsApp akan membatasi fitur “Forward Message” untuk mengurangi penyebaran hoaks hanya menjadi lima kontak. Fitur ini akan mulai berlaku di Indonesia pada Selasa (22/1) pukul 12.00 WIB.

“Akan efektif mulai besok, America time. Besok jam 12.00 WIB akan berlaku,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Senin (21/1), dilansir CNN Indonesia.

Pihak Kemenkominfo telah berdiskusi dengan WhatsApp membahas pembatasan ini. WhatsApp berinisiatif untuk membatasi penerusan pesan dan dilakukan untuk semua akun di seluruh dunia.

WhatsApp telah membatas penerusan pesan itu terlebih dahulu di India. Sebab, di negara tersebut, hoaks yang dikirimkan melalui pesan berantai WhatsApp telah kerap memakan korban jiwa. Pasalnya, warga kerap main hakim sendiri.

Rudiantara mengapresiasi langkap WhatApp membatasi jumlah penerusan pesan. Ini sejalan dengan apa yang diinginkan oleh World Global Influncer. Organisasi tersebut terdiri dari empat negara yaitu Brazil, Meksiko, India, dan Indonesia.

“Ini upaya bersama, bukan hanya WhatsApp sebagai platform tapi pemerintah dalam manage konten. Ini kolaborasi pemerintah dan WhatsApp,” kata Rudiantara.

Indonesia termasuk sebagai salah satu pasar WhatApp yang diprioritaskan untuk menekan jumlah hoaks karena memiliki pengguna besar. Pengguna aktif bulanan WhatsApp mencapai 1,5 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here