Home Peristiwa Bencana Alam Tiga Tewas dan 172 Luka-luka Akibat Tornado di Kuba

Tiga Tewas dan 172 Luka-luka Akibat Tornado di Kuba

SHARE
Tornado di Kuba (foto: AlJazeera)
Tornado di Kuba (foto: AlJazeera)

Havana – Tornado yang menghantam Havana, Kuba pada Minggu (27/1) menewaskan tiga orang dan membuat 172 lainnya luka-luka. Presiden Kuba, Miguel Diaz-Canel, mengungkapkan rasa bela sungkawanya melalui Twitter, Senin (28/1). Dia juga memastikan bahwa satu tim darurat sudah dikerahkan untuk mengatasi listrik padam di daerah yang terdampak tornado.

“Rasanya seperti batu berjatuhan, hujan es, dan saya merasa semuanya runtuh. Angin itu mengangkat atap rumah saya dan semua yang ada di dalamnya,” kata Canaima Hernandez, sembari menangis.

Hernandez adalah warga Regla. Daerahnya adalah salah satu dari beberapa daerah lainnya yang terdampak tornado paling parah. Mobil-mobil terbalik, tiang lampu ambruk, pepohonan tumbang, dan dinding rumah yang runtuh menjadi pemandangan mengerikan setelah tornado terjadi.

Rumah sakit bersalin di Hijas de Galicia dalam keadaan kacau balau saat dan setelah tornado menyerang. Angin berkecepatan 100 km/jam itu menyapu rumah sakit tersebut.

Granma, seorang warga, mengaku sudah biasa mendengar peringatan bencana. Tetapi, dia tidak mengira angin tornado yang datang sekencang itu. Menurut keterangan Aramando Caymares dari Institut Meteorologi, warga menggambarkan suara angin itu “seperti mesin jet” saking kencangnya.

Meskipun demikian, seorang warga lainnya bernama Francisco Sotolongo masih bersyukur bahwa bencana itu hanya terjadi beberapa detik. Dia membayangkan bahwa jika saja musibah angin itu terjadi beberapa menit, Kuba mungkin akan hancur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here