Home Berita Pilihan 34 Kapal di Pelabuhan Muara Baru Terbakar, Api Berhasil Dipadamkan 14 Jam...

34 Kapal di Pelabuhan Muara Baru Terbakar, Api Berhasil Dipadamkan 14 Jam Kemudian

SHARE
ilustrasi kapal terbakar (foto: rt.com)
ilustrasi kapal terbakar (foto: rt.com)

Jakarta – Sebanyak 34 kapal di Pelabuhan Muara Baru, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (23/2). Pihak pemadam kebakaran membutuhkan waktu 14 jam untuk memadamkan api yang mulai berkobar sejak pukul 15.16 WIB itu. Mereka sulit memadamkan api karena pada saat itu angin kencang dan kapal terbuat dari kayu serta terisi solar.

Menurut Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Satriadi Gunawan, kapal yang pertama kali terbakar adalah kapal Artamina Jaya. Api dengan cepat menyebar karena angin kencang dan jarak kapal berdekatan.

Sementara itu, kebakaran yang melalap habis puluhan kapal ini diduga dipicu pekerjaan las pada fondasi kapal Artamina Jaya.

“Diduga proses pengelasan alami konslet, sehingga muncul percikan api dan mengenai solar, sehingga memicu kebakaran,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Reynold Hutagalung, Sabtu, dilansi Kompas.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, di Pelabuhan Muara Baru, Minggu (24/2), dua belas saksi sudah diperiksa Polda Metro Jaya. Saksi terdiri dari kapten kapal, anak buah kapal, pemilik kapal, dan regulator dari syahbandar. Diketahui, tiga kapal yang terbakar adalah kapal ilegal.

“Ada tiga kapal yang diduga ilegal karena tidak terdata di sistem database perizinan KKP maupun Kementerian Perhubungan,” kata Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Muhammad Zulficar Mochtar.

Tim Pusat Laboratorium Forensik dan Indonesia Automatic Finger Print Identification System diterjunkan untuk membantu Polda Metro Jaya mengolah TKP.

Saat kebakaran, tiga orang harus dibawa ke rumah sakit karena sesak napas. Usai dirawat, ketiganya sudah diperbolehkan pulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here